Rapor Pemain Man City 3-0 Spurs, Gundogan Dua Gol & Satu Penalti, Ederson Assist!

Gilabola.com – Manchester City berhasil membalas kekalahan mereka di pertemuan pertama tahun lalu usai memetik kemenangan telak 3-0 atas Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Premier League di Etihad pada Minggu (14/2) dini hari WIB.

Ilkay Gundogan membuktikan bahwa dia layak memenangi penghargaan pemain terbaik Premier League bulan Januari dengan dia terlibat pada semua tiga gol kemenangan Manchester City, memenangkan penalti sebelum mengemas dua gol untuk mengalahkan Spurs asuhan Jose Mourinho.

Tuan rumah membuka keunggulan melalui titik putih menit ke-23 usai gelandang Jerman dijatuhkan di kotak penalti, dan Rodrigo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Di babak kedua, mantan gelandang Dortmund kemudian menggandakan skor menit ke-50 dari jarak dekat usai memanfaatkan umpan Raheem Sterling.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

City kemudian mengakhiri perlawanan Spurs ketika sebuah umpan jauh dari Ederson berhasil menemui Ilkay Gundogan yang berlari ke pertahanan tim tamu, mengalahkan Davinson Sanchez sebelum dengan mudah menaklukkan Hugo Lloris untuk kedua kalinya.

Dengan hasil ini pasukan Pep Guardiola menjauh tujuh poin dari Leicester City di urutan kedua, dan berikut rapor pemain mereka usai kemenangan telak atas Spurs pada Minggu (14/2) dini hari WIB.

  • Ederson (GK) – 7,5 – tampak agak jengkel karena tidak diperkenankan mengeksekusi penalti, tapi pada akhirnya mengirim assist luar biasa pada gol kedua Gundogan, membuat Ederson kini layak menjadi kiper nomor satu Brasil ketimbang Alisson yang rentan blunder.
  • Joao Cancelo (RB) – 7,5 – penampilan luar biasa dari pemain yang terlihat makin penting dalam skema permainan Pep ini. Cancelo mampu menghentikan ancaman Son sembari terus menawarkan bantuan pada serangan dengan menciptakan banyak peluang dari umpan silang.
  • John Stones (CB) – 7,0 – memimpin pertahanan saat Dias absen. Bertahan dengan kuat, dan kemudian berkontribusi begitu banyak pada penguasaan bola tim, membantu Manchester City terus mendorong bola untuk maju dengan passing dan dribbling yang luar biasa. Ini mungkin versi Stones terbaik yang pernah kita lihat.
  • Aymeric Laporte (CB) – 6,5 – melangkah untuk menggantikan Dias. Memberikan tendangan bebas yang hampir membuat Spurs memimpin. Tampak nyaman di belakang dan jarang membuat pemain tim tamu bisa memiliki kesempatan terbuka.
  • Oleksandar Zinchenko (LB) – 7,0 – mengesankan di bek sayap kiri itu, membuat Lamela tak bisa berbuah banyak. Zinchenko juga rajin melakukan overlap untuk membantu serangan timnya.
  • Bernardo Silva (CM) – 7,0 – sangat sibuk di lini tengah dan terus berusaha menawarkan dorongan bagi timnya untuk maju dan menyerang. Beberapa kali melakukan dribel mengesankan untuk membongkar pertahanan Spurs.
  • Rodri (CM) – 8,0 – menyelesaikan peluang penalti, memenangkan empat tekel dan tampak sangat dominan untuk memenangkan duel di lini tengah.
  • Ilkay Gundogan (CM) – 9,5 – memenangkan tendangan penalti, menyelesaikan umpan jarak dekat Sterling dan dengan cerdik mencari ruang untuk menerima umpan jauh Ederson dan mencetak gol keduanya. Gundogan versi terbaik di Manchester City dan mungkin pemain terpanas di Liga Inggris musim ini.
  • Phil Foden (RW) – 7,0 – lincah dan selalu tampak berbahaya, merepotkan Davies di sisi kiri pertahanan Spurs dan mengemas tiga umpan kunci.
  • Gabriel Jesus (ST) – 7,0 – memiliki kesempatan menggandakan skor di akhir babak pertama tapi tembakannya masih membentur mistar gawang. Cukup banyak terlibat dalam serangan timnya sebelum digantikan Mahrez.
  • Raheem Sterling (LW) – 8,0 – assist pada gol pertama Gundogan dan menawarkan bahaya konstan bagi pertahanan kanan Spurs, dan aksi-aksi dribelnya sangat merepokan Tanganga dan Sanchez.
  • Ferran Torres (LW) – 6,0 – masuk untuk mengistirahatkan Gundogan di 21 menit akhir.
  • Riyad Mahrez (RW) – nihil – menggantikan Jesus di 11 menit tersisa.

Rapor pemain Spurs : Hugo Lloris (5,0); Japhet Tanganga (6,0), Davinson Sanchez (4,0), Eric Dier (5,0), Ben Davies (5,0); Tanguy Ndombele (6,5), Pierre-Emile Hojbjerg (4,5), Lucas Moura (5,0); Erik Lamela (5,0), Harry Kane (6,5), Son Heung-min (6,0); Moussa Sissoko (6,0), Dele Alli (5,5), Gareth Bale (nihil).