Rapor Pemain Man Utd 1-2 Sheffield : Pertahanan Telles, Tuanzebe & Maguire Berantakan!

Gilabola.com – Manchester United membuang kesempatan untuk merebut kembali puncak klasemen usai secara mengejutkan dipermalukan tim dasar klasemen Sheffield United di Old Trafford dalam laga lanjutan Premier League pada Kamis (28/1) dini hari WIB.

Harry Maguire dan Alex Telles, kendati kombinasi keduanya menghasilkan gol, benar-benar berantakan dalam pertahanan dan mudah terekspos oleh serangan-serangan Sheffield United, sementara lini depan United juga terlihat begitu buruk dalam kekalahan 2-1 mereka di kandang sendiri.

Kean Bryan membawa tim tamu unggul menit ke-23 melalui situasi sepak pojok John Fleck, mengalahkan Axel Tuanzebe dan David de Gea. Tuan rumah kemudian sempat membalas melalui proses yang sama, sepak pojok Alex Telles berakhir dengan tandukan Harry Maguire.

Advertisement
K9Win
K9Win

Tapi keduanya bersalah atas gol kemenangan Sheffield. Berawal dari Anthony Martial yang kehilangan bola, tim tamu melancarkan serangan di sisi kiri pertahanan United yang rentan. Maguire punya kesempatan melakukan sapuan tapi buruk dan lemah, membuat bola kembali ke para pemain The Blades yang akhirnya berakhir dengan gol Oliver Burke.

Alex Telles dan Axel Tuanzebe, yang tampaknya bola terdefleksi kakinya pada gol Burke, kemudian ditarik Ole Gunnar Solskjaer dan digantikan Luke Shaw dan Donny van de Beek, tapi tetap tidak ada perubahan dan akhirnya United kalah memalukan 2-1 di kandang dari tim juru kunci.

Berikut rapor pemain United usai kekalahan mereka di Old Trafford tadi malam, bikin Manchester City kini favorit berat untuk memenangkan liga!

  • David de Gea – (5,0) – bersalah pada gol pembuka Sheffield karena salah antisipasi dan membuatnya dikalahkan Bryan. Dia juga punya andil pada kegugupan untuk menyapu bola di depan gawangnya yang mengawali gol kemenangan tim tamu.
  • Alex Telles – (6,0) – membuktikan kenapa Solskjaer lebih suka Shaw ketimbang rekrutan musim panas ini. Telles memang andil dengan assist pada Maguire, tapi pertahananya sangat-sangat buruk dan kerap menjadi sasaran serangan tim tamu.
  • Harry Maguire – (6,0) – mencetak gol penyeimbang, tapi dia pula yang bikin timnya kebobolan. Sapuan Maguire pada bola begitu konyol, sangat lemah dan membuat bola kembali ke pemain Sheffield yang mengawali gol kemenangan mereka. Maguire juga harus belajar banyak pada strategi offside-trap.
  • Axel Tuanzebe – (5,0) – bloknya buruk pada serangan Sheffield yang menghasilkan gol kemenangan tim tamu dan layak dihukum gol bunuh diri karena tendangan Burke terdefleksi pahanya. Dia juga dikalahkan pada sundulan gol pembuka tim tamu. Sangat buruk.
  • Aaron Wan-Bissaka – (6,5) – satu-satunya bek yang bisa diandalkan United secara defensif. Meski Wan-Bissaka perlu banyak meningkat pada aspek ofensifnya terutama saat menghadapi pertahanan ketat lawan.
  • Nemanja Matic – (6,0) – gagal memberikan perlindungan pada pertahanan timnya. Tak tampil sesolid biasanya dan kesulitan dengan serangan berbasis umpan cepat para pemain Sheffield.
  • Paul Pogba – (6,5) – bekerja keras membuat perbedaan, menyelesaikan lima dribel dan tiga duel udara, tapi tak cukup menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan pada hasil serangan United.
  • Bruno Fernandes – (6,5) – menunjukkan etos kerja tinggi, termasuk bersedia turun untuk memenangkan bola kembali dari lawan. Menghasilkan tiga umpan kunci tapi kesulitan membongkar pertahanan tim tamu.
  • Marcus Rashford – (6,0) –  seperti terlena pada assistnya untuk Greenwood melawan Liverpool, Rashford terlalu bergaya dengan umpan-umpannya dan akhirnya tak bekerja dengan baik. Menyelesaikan lima dribel tapi serangannya jauh dari efektif.
  • Mason Greenwood – (6,0) – berjuang keras untuk bisa melakukan tembakan ke gawang. Satu dari empat tembakannya tepat sasaran tapi masih lemah dan mengarah tepat ke pelukan kiper. Digantikan Cavani di babak kedua.
  • Anthony Martial – (5,0) – United akan sulit memenangkan sesuatu dengan Martial yang angin-anginan sebagai striker utama. Alih-alih mencetak gol, dia malah sosok pertama yang bersalah pada gol kemenangan Sheffield karena mudah kehilangan bolanya yang mengawali serangan balik tim tamu.
  • Edinson Cavani – (5,5) – kesulitan mendapatkan peluang berarti di dalam kotak. Hanya satu kali mendapatkan kesempatan, itu pun masih melebar.
  • Luke Shaw – nihil – setelah penampilan buruk Telles, jangan heran jika Shaw akan kembali starter di laga-laga berikutnya untuk United.
  • Donny van de Beek – nihil – sulit berharap sesuatu dari pemain yang baru masuk menit ke-83.

Rapor pemain Sheffield United : Aaron Ramsdale (6,5); Chris Basham (7,5), Phil Jagielka (6,5), Ethan Ampadu (7,0); George Baldock (6,5), John Lundstram (7,0), Oliver Norwood (6,5), John Fleck (7,5), Kean Bryan (7,5); David McGoldrick (6,0), Billy Sharp (6,0); Jayden Bogle (6,0), Oliver Burke (7,0), Rhian Brewster (nihil).