Semifinal Piala FA, Final Piala Liga & Final Piala FA Jadi Ujicoba Kembalinya Ribuan Fans ke Stadion

Gila Bola – Tiga pertandingan sepak bola besar di Wembley akan digunakan sebagai skema percontohan tahun ini untuk kembalinya fans dengan menerapkan skema baru protokol kesehatan, dengan 4.000 hingga 21.000 fans akan diizinkan memasuki stadion nasional timnas Inggris.

Laga semifinal Piala FA, final Piala Liga, dan kemudian final Piala FA akan menjadi pertandingan percontohan untuk skema ‘sertifikat status covid’, maksudnya adalah akan ada orang-orang yang punya sertifikan status covid yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses di ruang publik.

Rencananya adalah untuk memungkinkan kembalinya pertemuan massal dan acara dalam ruangan yang aman yang akan menjadi awal dari kehidupan baru di Inggris, dengan para pejabat mempersiapkan serangkaian acara uji coba selama beberapa bulan mendatang saat mereka mencari cara bagi fans untuk kembali ke tempat-tempat olahraga.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Diungkapkan secara eksklusif oleh Daily Mail, semifinal Piala FA antara Leicester melawan Southampton di stadion nasional Wembley pada Senin (19/4) WIB akan melihat fans sepak bola kembali untuk pertama kalinya sejak Desember, dengan 4.000 fans dapat diizinkan datang ke stadion.

Kemudian di final Piala Liga antara Manchester City melawan Tottenham Hotspur yang digelar tujuh hari kemudian akan dihadiri 8.000 fans dan skema percobaan selama sebulan penuh ini akan diakhiri dengan final Piala FA pada pertengahan Sabtu (15/5) WIB, ketika 21.000 fans akan diizinkan hadir.

Dalam mengembangkan skema tersebut, para pejabat akan mempertimbangkan tiga faktor; (1) apakah seseorang tersebut telah menerima vaksin, (2) apakah seseorang itu baru-baru ini dites negatif untuk virus, atau (3) ataukah seseorang itu memiliki ‘kekebalan alami’ usai dites positif dan kemudian sembuh dalam enam bulan terakhir. Inilah yang dimaksud di paragraf kedua tentang ‘sertifikat status covid’.

NHS (layanan kesehatan Inggris) saat ini dikatakan sedang mengerjakan cara untuk menyediakan sarana bagi orang-orang untuk menunjukkan status Covid mereka baik secara digital maupun non-digital, dengan cara percobaan ini tidak hanya terpaku dalam ruang sempit sepak bola, tapi juga untuk kegiatan yang lebih luas.