Sensasi Guardiola Baru di Anfield? Kenapa Liverpool Incar Arne Slot Gantikan Klopp?

Liverpool akan segera menuntaskan proses kedatangan Arne Slot ke Anfield sebagai pengganti Jurgen Klopp, tapi apa alasan The Reds datangkan pengagum Pep Guardiola ini?

Jurgen Klopp telah menggemparkan dunia sepak bola dengan keputusannya untuk meninggalkan Liverpool di akhir musim. Kepergian sang legenda Jerman ini memicu pertanyaan besar: siapa yang akan menggantikannya di kursi panas Anfield?

Awalnya, Xabi Alonso dijagokan sebagai penerus Klopp. Mantan gelandang Liverpool ini memiliki reputasi gemilang dan dihormati di Anfield. Namun, Alonso memilih untuk menolak tawaran Liverpool dan Bayern Munchen dan bertahan di Bayer Leverkusen.

Perhatian kemudian beralih ke Ruben Amorim, pelatih muda berbakat dari Sporting CP. Gaya bermain menyerang Amorim dianggap cocok dengan filosofi Liverpool. Namun, rumor ketertarikan Liverpool tampaknya mereda. Amorim diprediksi lebih berpeluang menggantikan David Moyes di West Ham jika Moyes memutuskan hengkang ke Liga Inggris.

Dalam beberapa hari terakhir, nama Arne Slot dari Feyenoord mencuat sebagai kandidat terdepan. Slot sebelumnya dikabarkan menjadi kandidat utama Tottenham setelah kepergian Antonio Conte, namun Spurs akhirnya memilih Ange Postecoglou.

Liverpool tampaknya kali ini lebih serius dalam mengejar Slot. Kabar terbaru menyebutkan bahwa negosiasi paket kompensasi sedang berjalan lancar. Gaji besar yang ditawarkan kemungkinan cukup menggoda Slot untuk meninggalkan Eredivisie.

Slot dikenal sebagai pelatih yang menyukai tantangan baru. Tapi, apakah dia sosok yang tepat untuk raksasa Merseyside? Dan apakah pelatih yang dijuluki Pep Guardiola versi Belanda ini akan mengubah gaya bermain Liverpool menjadi mirip Manchester City?

Mari kita lihat semua kemungkinannya…

Biasa Saja Sebagai Pemain Sepak Bola

Meskipun karir bermain Slot jauh dari gemilang, menurut mantan rekan setimnya, dia tampak mempersiapkan segalanya untuk perjalanan menuju karir kepelatihannya. Dia memulai karirnya sebagai pemain di PEC Zwolle, menembus tim utama dan membantu mereka meraih gelar kasta kedua di tahun 2002.

Lalu pindah ke NAC Breda, di mana dia menghabiskan lima tahun sebelum mengakhiri karirnya dengan bermain di Sparta Rotterdam dan kembali ke Zwolle, di mana dia meraih gelar liga keduanya. Kedua trofi tersebut adalah satu-satunya gelar besar yang dia dapatkan sebagai pemain.

Namun, meskipun gelandang serang yang anggun ini memiliki kesuksesan yang terbatas, otak kepelatihannya sudah mulai bekerja. Mantan rekan setimnya, Bram van Polen, mengatakan bahwa Arne terus melatih rekan-rekannya dalam tim selama latihan, dia sudah jelas terlihat sebagai calon pelatih masa depan.

Rekan lainnya, Edwin de Graaf, sependapat dengan Polen, saat dia bertanya kepada pelatih mengapa mereka menggunakan taktik tertentu dan di ruang ganti, Arne Slot akan menjelaskan kepada rekan-rekannya tentang cara pressing atau bertahan yang diinginkan pelatih mereka.

Slot juga kerap memberikan saran kepada pelatihnya. Tapi dia akan melakukannya dengan cara yang baik. Dia tidak akan melakukannya dengan sikap buruk: dia akan bertanya kepada pelatih. Slot juga jeli melihat taktik lawan dan ini kerap menjadi informasi penting bagi sang pelatih.

Beralih Menjadi Pelatih Sepak Bola

Zwolle jelas mengenali potensi Arne Slot, mereka pun langsung menawarkan dia posisi pelatih muda ketika dia gantung sepatu pada tahun 2013.

Setelah pindah ke tim senior Cambuur sebagai asisten sementara beberapa tahun kemudian, dia diberi kesempatan besar pertamanya ketika John van den Brom mempekerjakannya sebagai asisten di AZ Alkmaar.

Dua tahun kemudian, dia naik ke posisi nomor satu dan mencatatkan prestasi awal yang sangat mengesankan dalam peran tersebut. Ketika musim 2019-20 dihentikan karena pandemi Covid-19, AZ hanya tertinggal dari pemimpin Ajax dengan selisih gol dengan sisa sembilan pertandingan.

Pada musim sebelumnya, skuad asuhan Arne Slot tertinggal 28 poin dari skuad asuhan Erik ten Hag dan kawan-kawan, yang menunjukkan dampak transformatif dari promosinya menjadi pelatih kepala terhadap klub.

Musim penuh keduanya tidak begitu mengesankan, Ajax kembali menjadi juara liga, tetapi Slot masih membawa AZ Alkmaar ke posisi ketiga, di mana mereka hanya tertinggal satu poin di belakang PSV Eindhoven yang memiliki skuad dengan biaya jauh lebih mahal.

Sejarah Karir Kepelatihan Arne Slot

KlubJabatanMasa KepelatihanPertandingan
FeyenoordPelatih Kepala01/07/2021 – 30/06/2026145
AZ AlkmaarPelatih Kepala01/07/2019 – 05/12/202058
AZ AlkmaarAssisten Pelatih01/07/2017 – 30/06/2019
SC CambuurPelatih Interim15/10/2016 – 30/06/2017
SC CambuurAssisten Pelatih01/07/2014 – 15/10/2016
PEC YouthPelatih Tim Junior01/07/2013 – 30/06/2014

Arne Slot The King of Rotterdam!

Dengan reputasinya yang semakin meningkat, Slot terpilih sebagai orang yang tepat untuk mengembalikan semangat Feyenoord setelah dua tahun kepemimpinan Dick Advocaat kurang menginspirasi. Meskipun kehilangan mesin gol Steven Berghuis yang pindah ke Ajax, tanda-tanda awal terlihat bagus.

Slot membawa Feyenoord ke posisi ketiga di musim pertamanya, dengan timnya mencetak 10 gol Eredivisie lebih banyak daripada yang mereka cetak di musim terakhir Advocaat, sementara juga kebobolan dua gol lebih sedikit. Mereka juga mencapai final Liga Konferensi Eropa, di mana mereka akhirnya dikalahkan oleh AS Roma asuhan Jose Mourinho.

Slot benar-benar mengubah Feyenoord ketika dia mengambil alih pada tahun 2021. Feyenoord sering disebut sebagai “raksasa yang sedang tidur”, tetapi itu tidak lagi terjadi.

Pencapaian ini memberinya penghargaan Rinus Michels, yang diberikan kepada pelatih terbaik di Belanda pada tahun itu, meskipun musim berikutnya bahkan lebih baik.

Setelah melalui perombakan luar biasa di bursa transfer musim panas 2022, sejumlah pemain tim utama termasuk Tyrell Malacia, Luis Sinisterra, dan Marcos Senesi semuanya hengkang, segera menjadi jelas bahwa Slot entah bagaimana berhasil meningkatkan skuadnya sambil menghasilkan keuntungan besar melalui penjualan pemain.

Selain mungkin dari 3 atau 4 pemain starter, seluruh pemain inti dijual karena Feyenoord harus mencetak keuntungan. Mereka kemudian mendatangkan sekitar 15 pemain baru dan semua orang memperkirakan musim itu menjadi musim transisi.

Tapi itu sama sekali tidak terjadi dengan kedatangan David Hancko, Quinten Timber, dan Santiago Gimenez yang memiliki efek hampir instan. Feyenoord mengalahkan Vitesse 5-2 pada hari pembukaan dan ini menjadi pertanda untuk salah satu musim terbaik klub di era modern, anak asuh Slot meraih gelar liga, dan alhasil, dia mulai dilirik oleh klub-klub Liga Inggris.

Namun saat itu, dia memutuskan untuk bertahan, dan Feyenoord mungkin bisa finis teratas lagi musim ini, jika saja PSV Eindhoven tidak nyaris sempurna di Eredivisie.

Namun saat itu, dia memutuskan untuk bertahan, dan Feyenoord mungkin bisa finis teratas lagi musim ini, jika saja PSV Eindhoven tidak nyaris sempurna di Eredivisie.

Tim Slot setidaknya meraih kemenangan atas pemuncak klasemen liga di Piala KNVB, mengalahkan mereka di babak 16 besar sebelum kemudian mengangkat trofi setelah mengalahkan NEC di final yang penuh drama.

Statistik Arne Slot Sebagai Pelatih

KompetisiPertandinganMenangSeriKalahPoin
Eredevisi30226272
Liga CHampions6246
KNVB Beker5515
Liga Europa2111
Johan Cruijff Schaal11

Apakah Akan Jadi Liverpool Rasa Manchester City?

Hasil pertandingan berbicara sendiri, tetapi ini bukan satu-satunya alasan mengapa dia dengan cepat muncul sebagai salah satu pelatih yang paling dicari di Eropa. Mungkin yang lebih mengesankan daripada gelar yang dia menangkan di Feyenoord adalah bagaimana dia berhasil mengubah gaya bermain klub secara keseluruhan.

Sebagai murid Pep Guardiola, dia telah membuat Feyenoord sangat menyerang dalam beberapa tahun terakhir, terbukti dengan peningkatan signifikan dalam jumlah gol yang dicetak sejak dia mengambil alih.

Faktanya, dia bahkan menyebut City asuhan Guardiola dan Liverpool asuhan Klopp sebagai “contoh indah” dari gaya bermain yang dia suka. “Tujuannya bukan untuk bermain secara ofensif, tapi saya percaya ini adalah cara untuk memenangkan banyak pertandingan katanya.

Biasanya ia mengandalkan formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1, kedua bek sayap mendorong tinggi dan melebar, dengan dua pemain sayap nominal sering bergerak ke dalam untuk membantu menciptakan rotasi yang menghancurkan di lini tengah. Pemain didorong untuk menghadapi lawan mereka juga, di mana tidak ada tim Eredivisie yang mencatatkan jarak membawa bola progresif yang lebih tinggi musim ini.

Saat tidak menguasai bola, Feyenoord juga tampil menarik. Mereka menekan tinggi, dengan tim asuhan Slot melakukan tekel di sepertiga lapangan penyerangan jauh lebih banyak sejak dia menggantikan Advocaat. Namun, jika mereka tidak bisa memenangkan bola, mereka cukup terlatih untuk mundur ke formasi hampir 6-3-1, membuat lawan mereka sangat sulit untuk menemukan ruang.

Secara teknis, pengaruh Pep Guardiola terwakilkan oleh strategi tim asuhan Slot di lapangan. Dia terobsesi dengan permainan menyerang dan penguasaan bola maksimal. Dominasi ialah hal terpenting dari filosofi Slot, layaknya Pep.

Di bawah kendalinya, Slot menjanjikan permainan seksi yang enak dilihat karena sesuai referensinya dalam memantau klub-klub berfilosofi sepak bola ofensif dan memikat. Nilai-nilai itu dia coba terapkan sesempurna mungkin dalam skuad. Sisi perfeksionisnya sebelas-dua belas dengan Pep Guardiola.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!