Siapa Mau Beli Harry Kane 3 Trilyun Ketika Banyak Klub Krisis Uang & Erling Haaland Jauh Lebih Murah

Gila Bola – Sejak hari kemarin, muncul berita yang menggemparkan bahwa Paris Saint-Germain siap menjadikan Harry Kane sebagai target transfer jika mereka kehilangan Kylian Mbappe, yang kontraknya akan berakhir musim panas 2022 mendatang.

Tapi laporan yang lebih mencengangkan datang beberapa hari sebelumnya, ketika Tottenham Hotspur dikabarkan akhirnya siap menguangkan Harry Kane di tengah krisis finansial mereka, asalkan ada klub yang bersedia membayar hingga hampir Rp 3 Trilyun rupiah.

Ya, Rp 3 Trilyun, yang bisa menjadikan striker internasional Inggris pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar (Rp 3,8 Trilyun) dan mengalahkan biaya transfer Kylian Mbappe dari Monaco ke PSG yang kabarnya senilai Rp 2,5 Trilyun tapi memang plus bonus Rp 599 Milyar sih menurut Goal. Minimal penyerang Spurs itu akan jadi pemain termahal ketiga.

Advertisement
K9Win
K9Win

Padahal Harry Kane akan berusia 28 tahun musim panas ini. Dia belum memenangkan apa pun dan sekarang tampaknya semakin tidak mungkin klubnya Tottenham berada di zona Liga Champions musim depan, yang akan semakin membuat The Lily Whites tertekan untuk menjaga bintang mereka.

Memang pemilik 48 caps dan 32 gol bersama The Three Lions itu salah satu pemain No 9 terbaik dunia dan pemain hebat seharusnya tidak pernah murah. Tapi harga Rp 3 Trilyun untuknya tetap saja tidak masuk akal terlebih di tengah masalah finansial berbagai klub di dunia karena pandemi ini. Menurut transfermart, harga pasarnya juga cua senilai Rp 2 Trilyun rupiah.

Jadi, jika tidak ada kegilaan seperti yang dilakukan PSG pada Neymar, tampaknya tidak akan ada klub yang bersedia membayar dengan jumlah harga itu hanya demi Harry Kane, yang kadang bahkan terganggu oleh masalah kebugaran, meski produktivitasnya masih tangguh, sudah 21 gol musim ini.

Manchester United telah mengindikasikan bahwa pengeluaran transfer yang berlebihan saat ini tidak memungkinkan. Jual Paul Pogba untuk mendanai sebagian dari biaya transfer untuk Harry Kane? Mungkin, tapi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Manchester Ciry, di sisi lain, mungkin merasa mereka dapat menemukan pemain yang lebih baik di tempat lain. Mereka dikabarkan telah menjadikan Erling Haaland sebagai target transfer, penyerang yang baru berusia 20 tahun dan dalam performa yang lebih hebat, tersedia tidak sampai Rp 1,3 Trilyun musim panas 2022 mendatang, tapi mungkin bisa tersedia kurang lebih Rp 2 Trilyun di musim panas 2021.

Jadi dengan Barcelona juga hampir mengalami kebangkrutan secara finansial dan Real Madrid tenggelam dalam hutang termasuk untuk renovasi Santiago Bernabeu, pelamar yang realistis dan teoritis untuk Harry Kane mungkin hanya tinggal PSG, itu pun jika mereka bisa menjual Kylian Mbappe senilai sekitar Rp 3,4 Trilyun, padahal kontraknya juga hanya akan tersisa setahun lagi di akhir musim.

So, tampaknya Harry Kane mungkin ditakdirkan untuk akhirnya terjebak selamanya di Spurs, sebuah kenyataan yang mungkin pahit di akhirnya karena pemain sehebat dia bisa pensiun nyaris tanpa trofi. Yah, dia mungkin juga tidak benar-benar ingin pergi dari klubnya. Dia memiliki kehidupan yang baik dan tinggal bersama keluarga mudanya di dekat tempat latihan Tottenham.