Stan Kroenke Siap Beli 100% Saham Arsenal

Arsenal, Stan Kroenke, Alisher Usmanov
Arsenal akan dimiliki oleh pemegang saham mayoritas tunggal, Stan Korenke (kanan) asal Amerika Serikat

Gilabola.com – Tawaran dari pemilik saham mayoritas Arsenal, Stan Kroenke, untuk mengambil alih 100% saham Arsenal telah diterima oleh pemegang saham terbesar kedua, Alisher Usmanov.

Miliarder asal Amerika, Stan Kroenke, telah menawarkan untuk membeli 30 persen saham Usmanov di Arsenal dalam kesepakatan yang bernilai 33,71 triliun rupiah dan The Telegraph dapat mengkonfirmasi bahwa Usmanov memutuskan untuk menerima tawaran tersebut.

Pernyataan Kroenke juga mengatakan bahwa Kroenke Sports Entertainment (KSE), sebuah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kroenke, telah menerima jawaban dari Red and White Securities – perusahaan yang dimiliki oleh Usmanov – untuk menerima tawaran pembelian 18.685 sahamnya.

Usmanov kemudian akan menerima sekitar 540 juta pound (10,1 triliun rupiah) dari Kroenke untuk sahamnya di Arsenal. Berita itu akan mengakhiri pertempuran pengambilalihan Arsenal yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, tetapi yang secara efektif diselesaikan pada tahun 2012 ketika Kroenke mengamankan mayoritas suaranya setelah membeli saham Danny Fiszman dan Lady Bracewell-Smith.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sejak saat itu, meskipun Usmanov selalu berharap bahwa Kroenke akan kehilangan minat dan bersedia menjual, ia tidak memiliki kekuatan, pengaruh atau keterlibatan untuk investasinya.

Kroenke saat ini memiliki 67 persen dari The Gunners, serta berbagai tim olahraga di Amerika Serikat, termasuk Los Angeles Rams di American football, Denver Nuggets di NBA, Colorado Rapids dan Avalanche masing-masing di MLS dan liga hoki es nasional.

Putra Stan, Josh Kroenke, telah mengambil peran yang semakin aktif di Arsenal dalam beberapa bulan terakhir dan perannya sekarang diperkirakan akan semakin besar.

“Kami di KSE bergerak maju dengan tawaran ini yang mengarah ke 100% kepemilikan klub (Arsenal),” kata Kroenke. “Kami menghargai dedikasi tuan Usmanov pada Arsenal Football Club.”