Sudah Tahu Apa Makna Kemenangan Man City Tadi Malam Bagi Liverpool?

Gila Bola – Meski Liverpool menang dengan perkasa 0-3 di kandang Arsenal, tapi hal itu disambut dengan sedih hati oleh para pemain the Reds? Mengapa? Karena kemenangan Manchester City beberapa jam sebelumnya berarti skuad Juergen Klopp dipastikan tak bisa mempertahankan gelar juara Liga Inggris.

Manchester City menang 0-2 di kandang Leicester City beberapa saat setelah lewat lepas tengah malam hari Sabtu 3 April, sebelum Diogo Jota dan Mohamed Salah memastikan tiga gol menjebol gawang Bernd Leno pada Minggu dinihari 4 April 2021. Dengan koleksi 74 poin di tangan anak-anak Pep Guardiola, sudah bisa dipastikan bahwa Liverpool gagal mempertahankan gelar juara Premier League yang mereka raih musim lalu.

The Reds sudah menjalani 30 pertandingan yang berarti tersisa delapan laga saja sampai akhir musim. Itu berarti maksimal poin yang bisa mereka peroleh adalah 24. Dengan total poin saat ini 49 maka maksimal poin jika Liverpool memenangkan seluruh laga sisa adalah 73. Padahal saat ini saja Manchester City sudah memiliki 74 poin di puncak klasemen. Jadi, sudah tidak mungkin lagi skuad Juergen Klopp mengejar perolehan nilai the Skyblues.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Tim-tim lain yang masih bisa mengejar perolehan nilai Raheem Sterling dan kawan-kawan – antara lain – adalah Manchester United. Jika pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu memenangkan seluruh laga sisanya (9 kali) maka total nilai mereka adalah 84. City masih butuh 11 poin lagi untuk memastikan gelar juara Liga Inggris musim 2020/2021.

Leicester City juga secara matematis masih bisa mengejar skuad Guardiola usai dikalahkan dengan skor 0-2 tadi malam. Maksimal perolehan nilai sang Rubah di akhir musim adalah 80. Hanya butuh 7 poin lagi bagi the Skyblues untuk memastikan bahwa the Foxes tak mungkin lagi menyalip mereka.

Chelsea? Bagaimana dengan skuad Thomas Tuchel. Dengan maksimal perolehan poin sampai akhir musim hanya 75, yaitu 51 poin saat ini ditambah 24 poin, maka City hanya butuh dua poin saja untuk mengakhiri harapan the Blues sampai ke puncak klasemen pada akhir musim.

Posisi klasemen empat tim teratas Premier League per hari Minggu 4 April 2021 adalah sebagai berikut:

  • Man City 31 laga, 74 poin
  • Man United 29 laga, 57 poin
  • Leicester 30 laga, 56 poin
  • Chelsea 30 laga, 51 poin