Thomas Tuchel Balikkan Kondisi Para Pemain yang Hampir Dibuang Chelsea

Gila Bola – Thomas Tuchel berhasil membalikkan situasi para pemain yang nyaris dibuang Chelsea pada musim panas mendatang.

Pasalnya, pelatih asal Jerman itu memberikan jaminan kepada Kepa Arrizabalaga, Marcos Alonso, Timo Werner dan Callum Hudson-Odoi bahwa mereka akan awali karir yang baru di Stamford Bridge.

Tuchel atau kini mendapat nama baru ‘Tommy Cloth’ – karena jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris nama belakangnya berarti Cloth (kain), berhasil membenahi skuad Chelsea dengan baik dan benar-benar bersih. Ia awali karirnya sebagai pelatih klub Liga Premier dengan menyenangkan dan timnya berhasil bukukan lima kemenangan beruntun.

Advertisement
K9Win
K9Win

Bersama Thomas Tuchel, Kepa berhasil mengatasi krisis kepercayaan dirinya dengan bukukan clean sheet secara berturut-turut, Alonso juga kembali tunjukkan permainan terbaiknya sebagai juara, Hudson-Odoi kembali pulihkan janji awalnya kepada The Blues dan Werner mengakhiri paceklik golnya selama tiga bulan terakhir ini.

Dengan Chelsea yang akan tandang ke Southampton pada Sabtu (20/2) malam ini, Tuchel sudah mendongkrak posisi timnya dari peringkat sembilan menjadi ke urutan empat saat ini, dalam waktu kurang dari satu bulan saja. Klub London Barat itupun mengincar peringkat dua, karena mereka hanya berjarak empat poin dari Manchester United yang sekarang ada di posisi tersebut.

Pekan depan, tentunya akan menjadi momen serius bagi Tuchel, karena timnya akan bertemu dengan pemuncak klasemen La Liga, Atletico Madrid, di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Jadwal tersebut kemudian akan diikuti dengan pertemuan The Blues dengan Setan Merah di Stamford Bridge pada akhir pekannya.

Meski dijanjikan awal yang lebih baik bersama pelatih baru, Kepa kemungkinan besar tetap akan kembali ke bangku cadangan pada malam ini. Thomas Tuchel sendiri ngotot mengatakan, hanya kebetulan saja Werner, 24 tahun, kembali berkembang di bawah asuhannya, pelatih yang kebetulan juga berasal dari Jerman.

Pelatih 47 tahun yang juga pernah berjaya bersama Borussia Dortmund dan PSG itu mengakui, ia memiliki sepasang mata yang segar dalam menilai kemampuan setiap pemain dalam skuadnya di Chelsea, yang jumlahnya tidak sedikit.

“Mungkin karena kebetulan saja kami berdua sama-sama berasal dari Jerman, dan Timo merasa sedikit lebih percaya diri. Bagi saya, tanpa ada keraguan, saya melihatnya satu pekan sebelum saya datang ke sini, dan tak ada keraguan dia akan bangkit dan bermain bagus, karena dia punya kemampuan untuk itu. Dia punya kualitas untuk bermain di posisi berbeda,” tandas Tuchel seperti dilansir The Sun.

“Saya pikir, Timo bermain sangat klinis dan efisien di bawah asuhan Frank (Lampard). itu menjadi alasan kuat bagi Timo gabung klub ini, yaitu hubungannya dengan Frank. Seperti banyak pemain lain, berubah klub, lingkungan yang baru, budaya dan suasana liga yang baru, semuanya butuh waktu. Saya hanya bisa mengatakan bagaimana perasaan saya tentang Timo dan, dari hari ke hari, dia makin percaya diri. Saya melihat gol itu akan segera terjadi, karena dia melakukannya,” ujarnya.