Thomas Tuchel Tepati Janjinya Soal Hakim Ziyech

Gila Bola – Thomas Tuchel mengaku salah tak sering mainkan bintang yang didatangkan Chelsea dengan ongkos 750 Milyar Rupiah, Hakim Ziyech, dan mengaku ingin menolong eks pemain Ajax tersebut.

Setelah mengaku salah, Tuchel mengaku akan membuat winger internasional Maroko itu bisa lebih menunjukkan potensinya di lapangan.

Ziyech harus berjuang ekstra untuk dapatkan waktu bermain di bawah asuhan Tuchel, di mana penyerang itu baru satu kali menjadi starter di pertandingan Liga Premier sejak pelatih asal Jerman itu datang bulan lalu.

Advertisement
K9Win
K9Win

Dalam pertandingan melawan Southampton malam ini, Thomas Tuchel akhirnya turunkan Ziyech menggantikan Calkum Hudson-Odoi – yang juga menjadi pemain pengganti Tammy Abraham, di menit ke-76. Sayangnya, pertandingan itu berakhir imbang 1-1, dan Chelsea gagal melanjutkan rekor kemenangan dalam enam pertandingan.

Sebelum pertandingan itu, Tuchel mengaku sangat ingin menurunkan Ziyech, karena ia sadar betul pemain itu memiliki bakat luar biasa. Itu salah saya, begitulah adanya, bukan salah dia,” tandas Tuchel kepada Sky Sports, seperti dilansir The Sun.

“Karena, keputusan itu saya yang membuatnya. Sama seperti beberapa pemain lain, ada banyak keputusan sulit yang harus dibuat. Ini hal yang bagus – dalam arti kualitas dalam tim kami,” tambahnya.

“Ada beberapa keputusan untuk pemain lain yang akhirnya membuat Hakim sedikit menderita. Saya mengerti betul kondisi itu, jadi itu tanggung jawab saya dan kesalahan saya-lah yang membuatnya tak bisa lebih menunjukkan potensinya di lapangan,” ungkap Thomas Tuchel yang sebelumnya mengasuh PSG itu.

“Tapi, saat saya memperhatikan jadwal pertandingan tim, saya bisa meyakinkan bahwa kami butuh seluruh pemain yang kami miliki. Tak masalah bagaimana sulitnya waktu yang anda lalui secara pribadi, saya tak bisa katakan satu hal buruk untuk Hakim,” tegas Tuchel.

“Dia sudah bekerja keras dan dia butuh waktu untuk menunjukkan bahwa dia siap, karena saat waktunya tiba – saya tak bisa mengatakannya kapan, kami inginkan yang terbaik dari Hakim Ziyech,” tambahnya.

Hakim Ziyech bergabung dengan Chelsea dari Ajax Amsterdam pada musim panas lalu. The Blues datangkan pemain 27 tahun itu dengan ongkos 38 Juta Poundsterling atau sekitar 748 Milyar Rupiah.

Jika ia menjadi bintang di Ajax, Ziyech harus berjuang untuk tampil menawan di Inggris. Terbukti, ia hanya bukukan satu gol dalam 11 pertandingan yang dimainkannya. Thomas Tuchel sempat menurunkannya sebagai starter di laga perdana pelatih 47 tahun tersebut bersama Chelsea, yakni di laga melawan Wolves. Ziyech juga dimainkan saat The Blues atas Barnsley di Piala FA.