Tottenham Hotspur Was-was Ditinggal Son Heung-min Wajib Militer

Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, alami dilema wajib militer yang diberlakukan negara asalnya, Korea Selatan.
Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, alami dilema wajib militer yang diberlakukan negara asalnya, Korea Selatan.

Gilabola.com – Son Heung-min jadi pahlawan bagi Tottenham Hotspur di musim ini. Apalagi dengan cederanya Harry Kane, penyerang asal Korea Selatan itu akan memegang peranan lebih penting lagi di the Lilywhites.

Ternama di negeri orang, Son Heung-min juga menjadi salah satu superstar di negara asalnya. Dia pernah berkencan dengan bintang K-Pop, Yoo So-Young dan Bang Min-Ah, selain dicari para pengiklan untuk mempromosikan produk mereka.

Tapi, saat ini Son Heung-min tengah alami dilema terkait aturan wajib militer yang diberlakukan di Korsel kepada setiap warganegaranya yang telah berusia 20 tahun, dan harus melaksanakan wajib militer tersebut sebelum mereka berusia 30 tahun. Yang tentunya, akan berimbas pula pada klubnya, Tottenham Hotspur.

Kini, Son telah berusia 25 tahun, dan secara hukum ia diwajibkan untuk menyelesaikan wajib militer tersebut selama dua tahun. Tentu saja, ketentuan dinas militer ini bisa merontokkan karirnya di Inggris ketika dia tengah berada di puncak karirnya.

Advertisement

Sebagai pesepakbola Asia yang paling terkenal di Inggris, bahkan Eropa, Son setidaknya harus hentikan sementara ambisinya setidaknya selama 21 bulan. Ini karena bintang Tottenham Hotspur ini terikat pada undang-undang wajib militer yang telah berlaku di Korea Selatan sejak 1957.

Namun, selama ini, selalu ada dispensasi terjadap para atlet pemenang medali di Olimpiade maupun Asian Games. Walaupun, tentu saja, tidak semuanya.

Dengan Korsel yang akan berkompetisi di Asian Games pada Agustus mendatang, di mana Son kemungkinan besar akan bermain bersama Timnas Korsel, tentunya ini akan menjadi kesempatan terbaik baginya untuk ‘melarikan diri’ dari kewajiban wajib militer tersebut. Sama halnya dengan para pemain Timnas Korsel yang berlaga di Piala Dunia 2002 silam, saat itu mereka pun terbebas dari wamil karena membela Korsel di pesta sepakbola empat tahunan tersebut.

Bagi Tottenham Hotspur sendiri, mereka tentunya akan menanggung konsekuensi besar Agustus nanti. Pasalnya, Son dipastikan akan melewatkan awal musim depan, karena harus membela Timnas Korsel. Tentunya, ini menjadi dilema bagi sang pemain maupun klubnya tersebut.

Son Heung-min dan mantan pemain Tottenham Hotspur yang kini membela Stoke City, Kevin Wimmer.
Son Heung-min dan mantan pemain Tottenham Hotspur yang kini membela Stoke City, Kevin Wimmer.

Son Heung-min lahir di Chunceon, Korsel, namun menghabiskan masa kecilnya di Selandia Baru setelah keluarganya pindah ke negara itu saat ia masih berusia tiga tahun. Son lalu kembali ke tanah airnya, di mana dia jatuh cinta pada dunia sepakbola dan bergabung dengan akademi FC Seoul.

Son begitu asyik dengan dunia sepakbola, bahkan ia pernah bekerja sebagai anak gawang saat pertandingan divisi utama. Tentunya, hal ini memberinya kesempatan untuk duduk di barisan terdepan dan menyaksikan semua permainan sepakbola dari para pemain kenamaan di Korsel. Son pun banyak belajar secara langsung dari apa yang dilihatnya di lapangan ketika itu.

Son juga memiliki kecintaan pada dunia sepakbola karena pengaruh sang ayah, Son Woong-jung, yang merupakan pemain profesional dan pernah mewakili tim B Korea Selatan.