Tottenham Menang 3-2, Mourinho Jaga Reputasi Selalu Menang

Tottenham Menang 3-2, Mourinho Jaga Reputasi Selalu Menang

Tottenham menang 3-2 hari Sabtu (23/11) dan Jose Mourinho jaga reputasinya selalu menang pada laga pertamanya di klub anyar.

Para pendukung Spurs akan sangat bergembira dengan janji-janji manis Jose Mourinho setelah sang pelatih Portugal itu membawa Tottenham memenangkan laga pertama di bawah asuhannya, Sabtu malam, dengan skor 3-2 di kandang West Ham United.

Ketiga gol Tottenham dicetak berturut-turut oleh Son Heung-min menit 36 sebelum Lucas Moura menambahkan satu gol lagi di akhir babak pertama dan Harry Kane menjauhkan jarak menjadi 3-0 di awal babak kedua. The Hammers dan Angelo Ogbonna menipiskan skor 3-2 jelang laga berakhir melalui Michail Antonio.

Ini merupakan laga yang menarik perhatian para penggemar karena pertandingan pertama Spurs di bawah asuhan Jose Mourinho. Sang pelatih Spanyol meraih reputasinya saat melatih Porto dan Real Madrid. Pada kedua klub itu ia berhasil mencatatkan angka persentase kemenangan mencapai 72% masing-masing, plus 17% imbang di Porto dan 16% di Bernabeu, dan 11% dan 12% kekalahan masing-masing. Setelah itu rate kemenangannya semakin turun di klub-klub selanjutnya. Pendekatan pragmatis Mourinho “lebih baik menang daripada main indah atau menyerang” disebut-sebut sudah tak afdhol lagi di zaman ketika semua tim memperagakan permainan tempo tinggi dan menekan jauh lebih ke depan.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Namun para pendukung Tottenham tidak akan peduli dengan hal itu. Mereka sudah sangat haus akan kemenangan. Ini merupakan tiga poin pertama Spurs saat tandang. Sudah 10 bulan mereka tidak mencicipi kemenangan saat berlaga di kandang klub lain. Dan mujizat itu bernama Mourinho!

Pada jumpa pers pertamanya kemarin Mourinho mengatakan bahwa Spurs sudah tak mungkin bisa juara musim ini, tapi mengatakan ada peluang menjadi juara Inggris musim ini. Janji-janji itu terdengar sangat manis di telinga para pendukung.

Proses Terjadinya Gol-gol Tottenham

Gol pertama terjadi melalui Son Heung-min menit 36. Dele Alli menerima bola di bagian tengah lapangan dan dengan cepat memperhatikan bahwa Son berlari masuk dari sisi kiri. Umpan terobosan dikirimkan kepada bintang Korea itu dan ia mencetak gol dengan mudahnya.

Lucas Moura kemudian menggandakan keunggulan Spurs setelah Dele Alli yang hampir terjatuh masih sempat mengumpankan bola ke arah Son, yang mengirim umpan silang depan gawang ke arah Moura, yang membelokkan bola dari jarak sangat dekat.

Gol ketiga terjadi pada awal babak kedua melalui Harry Kane. Bola dikirimkan melambung dari sisi kanan oleh Serge Aurier dan kapten Inggris itu menanduk untuk mengecoh kiper Roberto. Tottenham unggul tiga gol! Michail Antonio menipiskan skor 3-1 selang 15 menit dari waktu akhir.

Sebenarnya pada menit 90 satu serangan The Hammers berhasil menjebol gawang Paulo Gazzaniga tapi wasit Michael Oliver yang memimpin pertandingan menunda laga sejenak, melihat layar VAR dan memutuskan menganulir gol tadi dengan alasan offside.

Enam menit injury time berujung gol Angelo Ogbonna. Tottenham tetap menang 3-2! Dengan hasil ini maka klub anyar Jose Mourinho ini berhasil naik ke posisi keenam dengan 17 poin. Masih sangat jauh dibandingkan Liverpool yang mengantongi 34 poin di puncak klasemen Liga Inggris, tapi hanya selisih tujuh atau delapan poin di bawah Manchester City, Chelsea dan Leicester City.

Starting XI West Ham vs Tottenham

West Ham United : Roberto, Fredericks, Diop, Ogbonna, Cresswell, Rice, Yarmolenko, Noble, Snodgrass, Felipe Anderson, Haller. Cadangan: Balbuena, Zabaleta, Sanchez, Fornals, Martin, Ajeti, Antonio.

Tottenham Hotspur : Gazzaniga, Aurier, Alderweireld, Sanchez, Davies, Dier, Winks, Lucas Moura, Alli, Son, Kane. Cadangan: Rose, Walker-Peters, Sissoko, Lo Celso, Foyth, Eriksen, Austin.