Watford Tunjuk Javi Gracia Sebagai Pelatih Baru

Javi Gracia, pelatih baru Watford pengganti Marco Silva.
Javi Gracia, pelatih baru Watford pengganti Marco Silva.

Gilabola.com – Klub Liga Premier Inggris Watford menunjuk Javi Gracia sebagai manajer baru mereka. Pelatih asal Spanyol itu menggantikan Marco Silva yang dipecat pada Minggu (21/1) kemarin.

Pemecatan Marco Silva dilakukan oleh Hornets setelah klub itu hanya mampu meraih kemenangan dalam 11 pertandingan terakhir Premier League. Terbaru, mereka kalah 0-2 dari Leicester City pada Sabtu (20/1) lalu.

Jika dicermati, hasil yang diraih Marco Silva bersama Watford sebenarnya tak terlalu buruk. Secara keseluruhan, tim itu menang tujuh kali, lima kali imbang, dan kalah 12 kali dari 24 laga musim ini. Dengan koleksi 26 angka, Watford sementara duduk di posisi ke-10 klasemen Liga Inggris.

Watford tidak merinci panjang lebar tentang alasan pemecatan Silva. Melalui akun Twitter resminya klub itu hanya mengatakan mau bergerak cepat mencari pengganti si pelatih.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Klub akan mencari pengganti secepatnya dan tak akan komentar sebelum pelatih baru ditunjuk,” tulis Watford di Twitter resmi mereka.

Tak lebih dari 24 jam, Watford akhirnya resmi mengumumkan Javi Gracia, 47 tahun, sebagai pelatih baru mereka. Gracia diikat kontrak selama 18 bulan di Vicarage Road.

Gracia telah menghabiskan sebagian besar karir kepelatihannya di negara asalnya Spanyol, dengan klub terakhir Spanyol yang dibesutnya adalah Malaga selama dua musim (2014-20616), sebelum ia membesut klub Rusia, Rubin Kazan. Musim lalu dia membawa Rubin Kazan finis di urutan kesembilan klasemen Liga Rusia.

Tentang perpindahannya ke Liga Primer, Gracia mengaku siap menjajal kemampuannya di liga yang baru baginya itu. “Ini tidak mudah. Saya tiba di momen ketika liganya sudah berjalan. Namun ini adalah pekerjaan kami, Anda harus siap untuk momen ini.”

“Watford menghubungi saya dan saya sangat bersyukur dan punya banyak energi untuk memenangkan sisa laga,” tambah Gracia yang akan langsung memimpin sesi latihan Watford pada Senin (22/1) ini.

Sementara itu, Marco Silva menjadi pelatih kedelapan yang dipecat tim Liga Inggris musim ini. Ia menyusul nasib Frank de Boer (Crystal Palace), Craig Shakespeare (Leicester), Ronald Koeman (Everton), Slaven Bilic (West Ham), Tony Pulis (West Brom), Paul Clement (Swansea), dan Mark Hughes (Stoke City) yang sebelumnya sudah dipecat klub masing-masing.