Xabi Alonso Jajaki Peluang Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Xabi Alonso Jajaki Peluang Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Gilabola.com –¬†Xabi Alonso telah merintis karir manajerial pertamanya di sepakbola senior. Kabarnya, itu menjadi langkah awal Xabi untuk mengambil alih posisi Jurgen Klopp di Liverpool.

Rintisan yang dilakukan Alonso untuk jadi pelatih Liverpool suatu hari nanti, dimulai hampir bersamaan dengan momen indah the Reds menjadi juara Liga Champions pada 1 Juni lalu. Beberapa jam sebelum skuad Klopp mengalahkan Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano, Xabi diumumkan sebagai pelatih kepala Real Sociedad B.

Saat ini, Real Sociedad B memang berlaga di Divisi Segunda B Рsalah satu cabang regional dari tingkat ketiga piramida sepakbola Spanyol. Tim itu menjadi tim reserves Sociedad dan telah mewakili usaha pertama Alonso untuk berkecimpung sebagai pelatih klub sepakbola profesional.

Xabi Alonso mendapat dipercaya untuk mengasuh Sociedad B setelah ia berhasil membawa Real Madrid U-14 ke kejuaraan tingkat usia musim lalu.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Ketika datang ke klub sepakbola Spanyol, mereka yang memimpin skuad cadangan dari tim terbesar pada dasarnya sedang menjalani audisi untuk kemungkinan mengambil pekerjaan di posisi teratas.

Sama halnya seperti Pep Guardiola dan Luis Enrique yang memulai karir melatih mereka dari Barcelona B. Sementara Zinedine Zidane, juga memegang posisi yang sama di Real Madrid sebelum menggantikan Rafa Benitez sebagai manajer tim utama. Demikian diungkapkan thisisAnfield.com.

Mempertimbangkan posisi pelatih ke-15 Sociedad sejak dia meninggalkan klub itu sebagai pemain sekitar 15 tahun yang lalu,  Selama lima musim terakhir, Sociedad telah melakukan pergantian pelatih kepala pada pertengahan musim dan terjadi pada empat kesempatan.

Sementara itu, bukan Sociedad saja yang berharap membawa pulang Xabi Alonso, namun Bayern Munchen pun ingin Alonso kembali lagi ke klub Liga Jerman tersebut sebagai seorang pelatih suatu hari nanti. Chairman Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, juga yakin Xabi pasti akan jadi pelatih ternama.

Alonso sudah memperkuat Bayern setidaknya selama tiga musim, hingga akhirnya gantung sepatu pada Mei 2017. Alonso tercatat sudah membantu skuad Die Roten memenangkan tiga trofi Bundesliga sekaligus, serta masing-masing satu titel DFB-Pokal dan Piala Super Jerman.

Xabi langsung fokus dapatkan lisensi pelatih yang sangat ia impikan usai tinggalkan Bayern dan ikuti kursus pelatihan Uefa elite bersama-sama Raul Gonzales, Xavi Hernandez dan Victor Valdes. Pihak klub ternyata terus mengikuti perkembangan mantan pemain mereka tersebut.