10 Alasan Mengapa Lionel Messi Layak Merebut Ballon d’Or 2023

Gila Bola – Dalam waktu 10 hari lagi pemenang Ballon d’Or 2023 akan diumumkan. Rumor menyebutkan Lionel Messi berhasil mengungguli dua pesaing terdekatnya, Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Ada banyak sekali alasan mengapa penghargaan individual paling bergengsi itu layak untuk diberikan pada La Pulga, tetapi kami pilihkan 10 alasan di antaranya saja.

Jika akhirnya rumor itu terbukti benar maka ini akan menjadi Ballon d’Or kedelapan kalinya sepanjang sejarah bagi sang bintang Argentina berusia 36 tahun itu.

Alasan-alasan Messi Layak Menang Ballon d’Or 2023

Sang pemain Argentina menang tiga trofi selama periode perhitungan untuk penghargaan edisi 2023 ini, yaitu Piala Dunia 2022, Ligue 1 dan Trophee des Champions.

Ia mencatatkan 67 gol total bagi klub dan negaranya, satu gol lebih banyak daripada Erling Haaland dalam periode yang sama.

Messi merebut predikat Man of the Match sebanyak lima kali selama tujuh penampilan Albiceleste di Qatar. Tidak pernah ada pemain lain dalam sejarah Piala Dunia yang pernah merebut gelar pemain terbaik sebanyak ini.

La Pulga juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol di semua tahap Piala Dunia dalam satu turnamen yang sama, yaitu di penyisihan grup, di babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final.

Pemain kelahiran 24 Juni 1987 itu merebut Golden Ball atau gelar Pemain Terbaik turnamen untuk kedua kalinya di Qatar setelah merebut gelar yang sama pada 2014 di Piala Dunia Brasil.

Messi merupakan pemain terbaik menurut rating yang dirilis oleh Whoscored.com, yang memberi sang bintang nilai rata-rata 7,86 sepanjang gelaran Liga Champions 2022/23, tertinggi dari semua pemain lain.

Pada musim terakhirnya di PSG, ia menciptakan peluang gol setiap 89 menit di semua kompetisi dalam bentuk 21 gol dan 20 assist.

Messi bersama dua pemain lain, Antoine Griezmann dan Kevin De Bruyne, mencatatkan assist sebanyak 16 kali. Itu merupakan jumlah tertinggi di lima liga elit Eropa.

Bekas pemain Barca dan PSG itu melakukan 102 kali dribble yang sukses sepanjang musim terakhirnya di Paris, setara kesuksesan 55,4 persen. Ia hanya kalah dari Vinicius Junior yang melepaskan 112 take-ons.

Dalam hal menciptakan situasi yang berujung serangan, Messi berhasil melakukannya sebanyak 197 sepanjang 2022/23, hanya kalah dari Bruno Fernandes 219 kali.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!