35 Klub Sepakbola Ukraina Terlibat Pengaturan Skor

35 Klub di Ukraina, termasuk dua klub papan atas Shakhtar Donetsk dan Dynamo Kiev, diduga terlibat kasus pengaturan skor di negara tersebut.
35 Klub di Ukraina, termasuk dua klub papan atas Shakhtar Donetsk dan Dynamo Kiev, diduga terlibat kasus pengaturan skor di negara tersebut.

Gilabola.com – Tigapuluh lima klub sepakbola Ukraina, termasuk beberapa pemain papan atas di negara tersebut, dituduh terlibat dalam skandal pengaturan skor.

Bahkan juara Liga Ukraina, Shakhtar Donetsk, maupun klub yang pernah 15 kali meraih gelar juara, Dynamo Kiev, termasuk di antara klub-klub yang disebut-sebut ikut terlibat.

Sekitar 50 orang saat ini telah ditahan terkait skandal itu karena dilaporkan telah menerima hingga lima juta dolar AS atau sekitar Rp70,6 miliar.

Kasus ini muncul jelang digelarnya final Liga Champions antara Real Madrid dan Liverpool yang akan berlangsung di ibukota Ukraina, Kiev, 26 Mei mendatang.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Piala Dunia tahun ini juga akan berlangsung di negara tetangga, Rusia, tapi Ukraina gagal lolos setelah hanya menempati posisi ketiga dalam grup kualifikasi mereka.

Pada Selasa (22/5) ini, penegak hukum melakukan lebih dari 50 pencarian terkait tindak keras terhadap geng pengaturan skor di sembilan wilayah Ukraina. Aparat juga menuduh mereka telah menggelar taruhan di kawasann Asia pada hasil pertandingan Ukraina yang ditentukan sebelumnya.

“Ini melibatkan pemain, pelatih dan presiden klub, bahkan wasit,” ujar sebuah sumber dari Federasi Sepakbola Ukraina mengenai kasus ini.