4 Gol Arsenal Dicetak Pemain Berkulit Hitam Kirim Pesan Penting Bagi Slavia Praha

Gilabola.com – Sementara satu pemain Slavia Praha diskors 10 pertandingan Eropa karena mulut kotornya, tiga pemain Arsenal – dan ketiganya berkulit hitam – mencetak empat gol tandang yang sangat penting ke gawang tuan rumah pada leg kedua perempat final Liga Europa, Jumat dinihari 16 April 2021.

Arsenal berhasil lolos ke semi final Europa League usai menang 0-4 pada leg kedua pertandingan perempat final di kandang Slavia Praha, Jumat dinihari, dengam ketiga gol dilesakkan berturut-turut oleh Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette (penalti) dan kemudian Bukayo Saka. Sang striker Perancis Lacazette menambahkan satu gol lagi jelang akhir pertandingan. Skor agregat 1-5 bagi keunggulan The Gunners.

Tapi yang terlebih penting bagi para penggemar sepak bola adalah fakta bahwa empat gol Arsenal itu dilesakkan oleh tiga pemain kulit hitam. Pepe, Lacazette, Saka seluruhnya berkulit hitam. Ini menjadi pesan penting usai 24 jam lalu salah satu pemain terpenting Slavia Praha Ondrej Kudela kena skorsing 10 pertandingan di level klub dan negaranya di kompetisi Eropa untuk teriakan “monyet sialan” ke telinga pemain Rangers Glen Kamara saat mereka lolos dari 16 besar kompetisi itu, selang satu bulan silam.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Tiga dari empat gol pasukan Mikel Arteta itu terjadi hanya dalam rentang enam menit saja satu sama lain, menit 18, 21 dan 24 pada babak pertama pertandingan di Sinobo Stadium di Praha. Padahal tim asal Ceko tersebut mengejutkan seluruh dunia setelah berhasil menahan imbang Arsenal pada leg pertama, melalui gol menit-menit akhir Tomas Holes.

Sebelum gol pertama Arsenal di Praha ini, Emile Smith-Rowe sebenarnya sudah berhasil menjebol gawang tim Ceko itu tapi dianulir wasit dengan alasan offside. Tak mengapa. Selang enam menit kemudian Smith-Rowe dalam posisi terbaik untuk mencetak gol atas namanya, tapi malah mengumpan ke Pepe dan pemain asal Pantai Gading itu mencetak gol.

Channel Gilabola di Youtube

Pepe juga mencetak satu-satunya gol tim London merah itu pada leg pertama, yang kemudian disamakan oleh Tomas Holes pada detik-detik terakhir pertandingan. Saat seluruh dunia berharap ada kejutan dari Slavia Praha pada leg kedua, mereka gagal.

Slavia Praha adalah klub paling sukses di Republik Ceko sejak pembentukan negeri itu pada tahun 1993, pecahan dari negara yang jauh lebih besar Cekoslovakia. Mereka dalam rangkaian 23 laga tak terkalahkan di semua kompetisi (17W, 6D) sejak Desember 2019, termasuk skor 1-1 di London. Namun kekalahan di tangan Lacazette dan kawan-kawan menyebabkan mereka kembali lagi ke bumi.

Pada sisi lain, kemenangan ini akan membangkitkan harapan bahwa The Gunners bisa lolos ke final serta memenangkan trofi kompetisi kedua terelit di Eropa ini. Dengan mereka saat ini duduk pada posisi kesembilan pada klasemen Premier League, menjuarai Liga Europa adalah satu-satunya harapan untuk merebut satu tiket di Liga Champions musim 2021/22.

Arsenal juga melanjutkan rekor mereka sendiri di laga-laga tandang Europa League, tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan kompetisi ini saat berkelana jauh dari London (8W, 3D) serta mencetak gol pertama dalam delapan laga di antaranya, termasuk malam ini.

Padahal skuad Mikel Arteta kalah dalam hal dominasi bola (39 banding 61), tapi unggul dari segi jumlah serangan (7 banding 4), unggul tembakan on target ke gawang lawan (4:0) selama babak pertama, dengan tiga menjadi gol. Babak kedua lebih gila lagi dominasi dari Cervenobili, mencapai 64 persen penguasaan bola dan tiga percobaan serangan. Namun Gunners bertahan secara rapi dan tanpa kartu kuning sampai mendekati akhir pertandingan. Alexandre Lacazette menambahkan gol keempat pada menit 77.

Dengan kemenangan 1-5 pada babak perempat final pada Jumat dinihari (16/4) ini maka Arsenal pada babak semi final Liga Europa akan menghadapi tim Liga Spanyol, Villarreal, yang unggul agregat 3-1 atas Dinamo Zagreb.

AHABET
AHABET