Absennya Neymar Malah Jadi Berkah Timnas Brasil

Absennya Neymar Malah Jadi Berkah Timnas Brasil

Gilabola.com – Neymar tak bisa memperkuat Timnas Brasil di Copa America 2019. Namun, absennya bintang PSG itu konon malah menjadi berkah tersendiri bagi skuad Tite.

Brazil berharap besar bisa memenangkan setiap turnamen yang mereka mainkan, terutama saat ajang tersebut digelar di kandang mereka, seperti halnya Copa America tahun ini. Tapi, Brasil harus bertarung dalam event tersebut tanpa bintang mereka, Neymar.

Sejauh ini, Brasil tak pernah kalah sejak Belgia menyingkirkan mereka di perempat final Piala Dunia Rusia tahun lalu. Kini, Brasil sudah bukukan 10 pertandingan tanpa kekalahan bersama sebagian besar pemain yang tidak punya cap sebagai pemain bintang, kecuali saat mereka menang 7-0 atas 10 pemain Honduras awal pekan ini.

Persiapan Timnas Brasil untuk Copa America kali ini juga telah dibayang-bayangi berbagai masalah yang dihadapi Neymar. Pertama, tuduhan pemerkosaan, walau hal itu telah dibantahnya, lalu cedera engkel yang membuatnya absen dari turnamen ini.

Punya Banyak Pemain Bagus

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Para personil dalam skuad Tite sendiri sama bagusnya, walau pelatih itu berusaha untuk lakukan regenerasi dan mengakui memilih skuadnya yang terdiri dari 23 pemain saat ini menjadi tugas ‘paling sulit’ yang harus dihadapinya sejak ia mengambil alih posisi pelatih Brasil tiga tahun lalu.

Brasil juga hanya memasukkan 14 pemain dari skuad mereka yang berlaga di Piala Dunia Rusia setahun lalu. Sementara pemain Everton Richarlison, David Neres dari Ajax Amsterdam, Arthur dari Barcelona, dan pemain AC Milan Luca Paqueta menjadi beberapa rekrutan muda yang dipanggil Tite.

Terlepas dari keuntungan Brasil menjadi tuan rumah, mereka juga beruntung berada di salah satu grup yang dinilai lebih mudah. Brasil akan satu grup bersama Bolivia, Peru dan Venezuela.

Namun, kejayaan Brasil tetap dipertanyakan tanpa Neymar. Belakangan diakui sejumlah pemain di Tim Samba, ketidakhadiran mantan bintang Barcelona itu bisa menjadi berkah tersembunyi bagi mereka. Absennya penyerang PSG itu dinilai akan mengurangi ‘atmosfer sirkus’ yang kerap terjadi dalam beberapa laga Timnas Brasil, sehingga para pemainnya bisa fokus pada permainan mereka di lapangan.

Tekad Persembahkan Trofi

Apalagi, rekan-rekan satu timnya juga ingin menunjukkan, mereka bisa berikan yang terbaik bagi negara tanpa kehadiran mantan penyerang Santos tersebut. Skuad Brasil juga ingin tunjukkan kekompakan mereka dan mencoba memenangkan trofi.

Kemenangan atas Honduras dalam pertandingan pemanasan terakhir mereka, di mana  Philippe Coutinho berhasil bangkit lagi dan enam pemain berbeda mencatatkan nama mereka di papan skor, menjadi pertanda menggembirakan bagi Tite.

Brasil sejauh ini telah memenangkan delapan trofi Copa America, tapi tidak sejak 2007 lalu. Brasil bahkan dinilai paceklik trofi – di mana hal itu diperparah dengan kegagalan di Piala Dunia sejak 2002 lalu, dan dinilai paceklik terpanjang menurut standar Brasil.

“Kami akan bermain di negara kami sendiri, dan kami punya harapan besar untuk menang. Tapi harapannya harus sesuai dengan kinerja kita. Apakah kita akan menang? Saya tidak tahu. Tapi saya ingin kami semua lakukan yang terbaik yang kami bisa,” tegas Tite seperti dilansir The Star.