Ada Hegerberg Raih Ballon d’Or Pertama dengan Catatan Gemilang

Ada Hegerberg Raih Ballon d'Or Pertama dengan Catatan Gemilang

Gilabola.com – Ada Hegerberg baru saja dinobatkan sebagai perempuan peraih Ballon d’Or di Paris, Senin (4/12) lalu. Pesepakbola puteri terbaik 2018 itupun punya catatan gemilang terkait prestasinya tersebut.

Ada Hegerberg berasal dari Norwegia dan usianya masih 23 tahun. Namun, di antara para pesepakbola puteri dunia lainnya, pemain Lyon itu jadi yang teratas, termasuk di atas pesepakbola puteri terbaik 2018 versi FIFA yang berasal dari Brasil, Marta.

Ada Hegerberg memang pantas menerima penghargaan Ballon d’Or, sesuai catatan karir yang telah ditempuhnya sejak ia masih remaja. Ia merintis karir sepakbola profesional sejak masih berusia 15 tahun, bersama klub Kolbotn FC di Norwegia pada 2010 lalu.

Pencetak Hattrick Termuda di Norwegia

Setahun kemudian, Hegerberg berhasil menarik perhatian setelah ia jadi pencetak hattrick termuda di kompetisi tertinggi sepakbola Norwegia. Saat itu, ia bahkan hanya butuh waktu tujuh menit untuk sarangkan tiga golnya tersebut ke gawang klub Roa – klub juara ketika yang punya catatan pertahanan mencengangkan, dengan data kemasukan 18 gol dalam 22 pertandingan.

Ada Hegerberg kemudian menjadi topskor Kolbotn di tahun 2011, sebelum akhirnya pindah ke klub Stabaek dan membawa mereka menyabet Norwegia. Lagi-lagi, Hegerberg bukukan tiga golnya ke gawang Roa di laga final. Hegerberg pun dinobatkan sebagai top skorer liga pada musim yang sama.

Advertisement
OLE777
OLE777

Saat usianya masih 15 tahun pula, Hegerberg ikut membawa Timnas Norwegia bertarung di final Euro U-19 2011. Tak lama, Hegerberg pun memulai debutnya di timnas senior dan lanjutkan karirnya ke Bundesliga bersama klub Turbine Potsdam.

Sukses Bawa Lyon Raih Treble Winner

Hegerberg kemudian direkrut Lyon pada tahun 2014 – klub yang dibelanya sampai saat ini. Saat itu, usianya masih 19 tahun, namun Hegerberg telah berhasil menjadi top skorer saat kantongi 26 gol dalam 22 pertandingan, dan sukses membawa Lyon juara.

Bersama Ada Hegerberg, Lyon berhasil kantongi treble setelah mereka raih trofi di ajang Liga Champions, Liga Prancis dan Piala Prancis pada musim 2015/16. Lagi-lagi, Hegerberg sukses bukukan 54 gol, di mana ia juga menjadi top skorer Liga Champions dengan 13 gol.

Hegerberg yang juga pernah menjadi Pesepakbola Puteri Terbaik versi BBC itu, saat ini tercatat sudah kantongi hampir 300 gol di usianya yang baru 23 tahun. Rinciannya; 38 gol dalam 66 pertandingan Timnas Norwegia yang dibelanya, 41 gol dalam 41 laga di ajang Eropa dan 205 gol dalam 197 laga domestik.