AFC Izinkan 4 Kali Pergantian Pemain di Piala Asia 2019

AFC akan berlakukan pergantian empat pemain di ajang Piala Asia 2018.
AFC akan berlakukan pergantian empat pemain di ajang Piala Asia 2018.

Berita Bola – Putaran final Piala Asia tahun 2019 izinkan pergantian pemain keempat saat laga memasuki perpanjangan waktu. Demikian pernyataan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Jumat (12/10).

Badan pembuat peraturan sepakbola (International Football Association Board/IFAB) awal tahun ini menyetujui pergantian pemain keempat selama perpanjangan waktu, dan aturan terbukti sukses selama Piala Dunia di Rusia.

“Seluruh benua sedang menantikan turnamen paling bergengsi di Asia. Oleh karena itu penting bahwa Piala Asia AFC mengadopsi peraturan terbaru,” kata presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, dalam pernyataan resminya.

BERITA :  Manchester United dan Barcelona Terancam Gagal Jemput Matthijs De Ligt

“Saya yakin ini akan menambah semangat kompetisi tim nasional unggulan Asia dan lebih memperkuat ambisi AFC untuk menjadi konfederasi terdepan di dunia,” tegas pria berusia 52 tahun tersebut.

AFC mengatakan, peraturan baru juga akan berlaku selama kejuaraan AFC U19 musim ini di Indonesia. Begitu juga dengan kejuaraan AFC U19 wanita tahun depan dan kejuaraan AFC U23 pada 2020 mendatang.

Berlakukan VAR

Bulan lalu, AFC mengatakan akan perkenalkan sistem Video Asisten Wasit (VAR) di Piala Asia. “Sepak bola Asia bertekad untuk merangkul teknologi demi kebaikan permainan dan kami melihat pengenalan VAR di beberapa tahap selama kompetisi puncak AFC – Piala Asia AFC di Uni Emirat Arab,” ujar sang presiden AFC bulan lalu.

BERITA :  Gianluigi Donnarumma Akui Skuad Italia Sekarang Lebih Tenang

“Kami melihat VAR digunakan selama Piala Dunia 2018 dan jelas bagi semua orang, perlu ada banyak pelatihan dan investasi dalam fasilitas untuk memastikan sistem itu efektif serta menjadi tambahan positif untuk permainan,” tambahnya.

Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Jerman telah menerapkan VAR saat ini, yang memungkinkan berbagai insiden penting dalam sebuah pertandingan ditinjau ulang lewat tayangan video, dan teknologi itu digunakan di Piala Dunia di Rusia tahun ini.

BERITA :  Prediksi Belgia vs Belanda di Laga Persahabatan 17 Oktober 2018

Piala Asia 2019 untuk pertama kalinya akan melibatkan 24 tim, naik dari 16 tim yang berkompetisi dalam empat edisi terakhir. Turnamen akan dimulai di Uni Emirat Arab pada 5 Januari.

Advertisement