Apa Itu Strategi “Double-Team” yang Digunakan Nigeria Membunuh Mohamed Salah

Striker Liverpool Mohamed Salah tidak berkutik saat menghadapi Nigeria pada laga Grup D Piala Afrika dan kini sang pelatih membocorkan rahasia “double-team” yang digunakan negaranya.

Pelatih sementara timnas Nigeria, Augustine Eguavoen, mengungkapkan bagaimana strategi “double-team” dari kubunya berhasil meredam bintang Mesir Mohamed Salah guna membantu Super Eagles mengamankan kemenangan penting 1-0 di ajang Piala Afrika, Rabu dinihari (12/1).

Jelang pertandingan antara dua favorit terkuat Grup D itu, perhatian terpusatkan di sekitar figur sang bintang Liverpool, yang secara luas dianggap sebagai pemain terbaik di dunia saat ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Tapi Salah terisolasi saat Sang Firaun berjuang untuk menang pada laga di Garoua itu, dengan tim Afrika Barat mendominasi permainan.

“Selama persiapan dan penyiapan strategi, kami memiliki rencana khusus untuk Mohamed Salah karena kami tahu kualitas yang dimilikinya,” kata Eguavoen.

“Bola basket adalah salah satu permainan yang sangat saya sukai. Ketika Anda bermain melawan pemain seperti Allen Iverson, Michael Jordan, dan lainnya jika Anda tidak menggunakan strategu double-team maka Anda akan mendapat masalah.”

“Itu adalah strategi yang sama yang saya bawa ke sepak bola. Jadi ketika Mo Salah menguasai bola, pemain yang paling dekat dengannya melakukan pengawalan dan pemain terdekat berikutnya harus bekerja sama untuk merebut bola kembali.”

“Strategi itu bekerja secara baik untuk kami sekitar 80%, tetapi Salah berhasil melepaskan diri dalam satu atau dua kesempatan yang sepenuhnya normal, tetapi sekali lagi selamat kepada para pemain karena mereka sangat cerdas.”

Strategi ini hanya bisa berhasil jika sebuah tim bergantung sepenuhnya pada satu atau dua orang saja di lini depan, tapi akan sulit diterapkan oleh rival-rival Liverpool di Liga Inggris karena skuad Juergen Klopp itu memiliki enam atau tujuh pemain lain yang bisa mencetak gol jika Mo Salah terisoliasi di depan.

Augustine Eguavoen merupakan pelatih sementara Nigeria setelah pelatih utama mereka Gernot Rohr dipecat pada ala Desember 2021 setelah penampilan buruk si Super Elang selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO