Arjen Robben Akhirnya Pensiun (Lagi!)

Gilabola.com – Arjen Robben kembali umumkan pensiun untuk kedua kalinya setelah ia jalani berbagai momen emosional dengan klub masa kecilnya, FC Groningen.

Mantan bintang Bayern Munchen berusia 37 tahun itu sebelumnya pernah menyatakan gantung sepatu, setelah ia akhiri pengabdiannya pada klub raksasa Bundesliga itu di tahun 2019. Namun tak lama kemudian, secara mengejutkan Robben kembali bermain bersama klub pertama dalam karir sepak bolanya itu musim lalu.

Sayangnya, masalah cedera kembali menghambat kembalinya Robben di klub tersebut, hingga akhirnya ia mengumumkan pengunduran dirinya dari klub Eredivisie itu pada hari Kamis (15/7) waktu setempat.

Advertisement

“Pecinta sepak bola yang terkasih, saya sudah memutuskan untuk akhiri karir saya sebagai pemain sepak bola. Itu pilihan yang sangat sulit, saya ingin berterima kasih pada semua orang yang telah memberikan dukungannya,” ungkap Arjen Robben dalam akun Twitter resminya.

Winger asal Belanda itu sebelumnya juga menjadi bintang di PSV, Chelsea, Real Madrid dan kemudian Bayern Munchen selama karirnya sebagai pemain sepak bola profesional, yang juga telah membawanya berlaga di final Piala Dunia.

Ia menjadi bagian penting dari skuad Jose Mourinho di Stamford Bridge, di mana ia ikut membawa Chelsea memenangkan dua gelar Liga Premier dan Piala FA.

Arjen Robben kemudian pindah ke Madrid pada tahun 2007, di mana ia juga ikut memenangkan gelar La Liga setelah pindah ke Bayern dua musim berikutnya.

Bersama tim Bundesliga itu, Robben tunjukkan dampak terbesarnya di atas lapangan. Ia mencetak gol kemenangan di akhir laga final Liga Champions melawan sesama klub asal Jerman, Borussia Dortmund, di tahun 2013.

Robben juga ikut mengklaim delapan gelar juara Bundesliga untuk Bayern Munchen, dan menjadi kandidat ke empat dalam perebutan Ballon d’Or di tahuan 2014.

Untuk Timnas Belanda, Arjen Robben pernah bukukan 37 gol dalam 96 caps yang dikantonginya, sebelum akhirnya pensiun dari ajang internasional di tahun 2017.

“Kecintaan saya pada sepak bola ingin terus saya lanjutkan, terutama dalam mencetak gol. Tapi keputusan untuk berhenti ini cukup fair dan realistis. Itu mengapa sejak hari ini saya bukan seorang pemain sepak bola lagi, tapi seorang suporter dari klub ini,” ungkap Robben dalam situs resmi Groningen, seperti dilansir The Sun.

Cedera betis yang terus-menerus membuat penampilan Robben menjadi sangat terbatas, setelah ia putuskan untuk kembali bermain di Belanda. Dalam tujuh penampilannya untuk Groningen musim lalu, Arjen Robben hanya bukukan satu kemenangan dan sodorkan dua assist tanpa mencetak gol. “Melihat kembali musim lalu, saya harus sampai pada kesimpulan jujur ​​bahwa jumlah menit pertandingan yang saya mainkan sangat mengecewakan,” tandasnya.