Arsenal Alami Dilema Terkait Visa Henrikh Mkhitaryan

Arsenal Alami Dilema Terkait Visa Henrikh Mkhitaryan

Gilabola.com – Arsenal hadapi dilema dalam pengajuan permohonan visa untuk Henrikh Mkhitaryan setelah mereka berhasil melaju ke final Liga Europa dan dijadwalkan bertemu Chelsea di Baku, Azerbaijan.

Kapten Timnas Armenia, Henrikh Mkhitaryan, telah melewatkan berbagai pertandingan yang digelar di Azerbaijan untuk the Gunners, dan juga bekas klubnya, Borussia Dortmund, dalam beberapa tahun terakhir.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Sampai saat ini, tak ada hubungan diplomatik antara Armenia dan Azerbaijan karena konflik yang berkepanjangan atas wilayah Nagorno – Karabakh yang disengketakan kedua negara. Sementara klub Mkhitaryan jadi finalis di final Liga Europa yang digelar di Baku, Azerbaijan, 29 Mei mendatang.

Saat membela Borussia Dortmund pada 2015, pemain berusia 30 tahun itu juga tak bisa berangkat untuk pertandingan Liga Europa melawan klub Liga Premier Azerbaijan, Gabala, karena masalah keamanan.

Banyak Atlet Armenia ke Azerbaijan

Dia juga sudah absen saat skuad Unai Emery menang 3-0 di kandang FK Qarabag di ajang Liga Europa pada Oktober lalu, di mana Emery mengatakan ‘Mkhitaryan tak bisa berangkat ke sini (Qarabag)’, meskipun Uefa tawarkan dukungan mereka terkait aplikasi visa yang diajukan untuk mantan pemain Manchester United itu.

Lalu, pelatih kepala FK Qarabag, Gurban Gurbanov, mengklaim the Gunners telah ‘berusaha menyelamatkan’ Mkhitaryan dari ‘tekanan’ yang kemungkinan dihadapinya jika bermain di Azerbaijan.

“Jika Henrikh Mkhitaryan akan datang ke Azerbaijan, itu bukan pertama kalinya – banyak atlet asal Armenia yang datang ke Azerbaijan. Tapi itu menjadi keputusan Arsenal, mereka yang tidak mau memberangkatkannya,” ujar Gurbanov ketika itu.

Emery Dituduh Takut Bawa Mkhitaryan

“Arsenal mungkin takut, di hadapan 60 ribu suporter Azerbaijan, Mkhitaryan akan mendapat tekanan. Karena itulah, mereka tidak memberangkatkan Mkhitaryan,” tambahnya.

Saat ditanya apakah Mkhitaryan akan ikut berangkat ke Azerbaijan untuk ikut berlaga di final Liga Eruopa melawan Chelsea nanti, Emery tak memberikan jawaban yang gamblang. “Sudah lama kami memimpikan final Liga Europa. Kami sedang bekerja untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya,” tandas pelatih asal Spanyol itu.