Arsenal Dijanjikan Tambahan Dana Belanja Jika Kalahkan Chelsea

Arsenal Dijanjikan Tambahan Dana Belanja Jika Kalahkan Chelsea

Gilabola.com – Arsenal akan mendapat kucuran dana tambahan belanja pemain jika mereka berhasil kalahkan Chelsea di final Liga Europa akhir bulan ini.

Hirarki Arsenal secara mengejutkan janjikan tambahan dana belanja pemain sebesar 50 juta Poundsterling atau sekitar Rp929 miliar-plus, jelang pertemuan skuad Unai Emery dengan Chelsea di Baku, Azerbaijan, 29 Mei mendatang.

Final Liga Europa ini menjadi peluang terakhir bagi the Gunners untuk kembali ke Liga Champions setelah absen dua tahun di kompetisi bergengsi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

Namun, penghargaan nyata jika the Gunners menang, adalah jaminan finansial yang membuat Unai Emery bisa datangkan pemain yang diincarnya. Melajunya Arsenal ke final telah memberi mereka keuntungan 31,43 juta Pounds (Rp584 miliar) dari hak siar televisi dan hadiah uang. Jumlah ini akan naik menjadi 34,9 juta Pounds (Rp648 miliar) jika mereka berhasil kalahkan Chelsea.

Raup Untung Sebelum Kickoff

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Jika the Gunners berhasil melaju ke kualifikasi Liga Champions, maka mereka bisa kantongi 38,25 juta Pounds (Rp710 miliar) musim depan, bahkan SEBELUM skuad Emery menendang bola di kompetisi tersebut.

UEFA kini mendistribusikan dana sebesar 508 juta Pounds dari pendapatan mereka kepada 32 tim yang ikuti fase grup, sesuai dengan ‘peringkat 10 bersejarah’, yang memberikan poin bonus tambahan untuk kemenangan sebelumnya di kompetisi klub Eropa.

Kemenangan the Gunners di Baku nantinya, juga akan membuat mereka melompat ke posisi delapan dalam peringkat 10 bersejarah tersebut.

Manchester United Untungkan The Gunners

Tapi, tanpa Manchester United di Liga Champions, The Gunners akan naik ke posisi tujuh dan meraup tambahan 25,01 juta Pounds (Rp464 miliar) sebagai bagian mereka. Bukan itu saja, the Gunners juga akan dapatkan 13,24 juta Pounds (Rp246 miliar) sebagai bonus jika mereka lolos kualifikasi.

Sementara the Gunners tak akan mengambil bagian dari awal tayangan televisi Inggris yang sebesar 28,9 juta Pounds (Rp537 miliar), mereka akan berhak atas proporsi tahap kedua dari jumlah yang sama. Besarannya akan dibagi antara tim-tim Inggris sebagai persentase dari permainan yang mereka lakoni selama kompetisi.

Namun, itu hanya permulaan untuk Emery. Uefa juga akan berikan bonus sebesar 2,34 juta Pounds (Rp434 miliar) untuk setiap kemenangan di fase grup, sementara untuk hasil imbang akan kantongi 781 ribu Pounds (Rp14,5 miliar).

Dana Lebih Besar untuk Peserta Liga Champions

Dana besar memang akan benar-benar dirasakan klub-klub peserta kompetisi Eropa. Jika mencapai babak 16 besar, satu klub akan kantongi 8,25 juta Pounds (Rp153 miliar), dan akan mendapat tambahan 9,11 juta Pounds (Rp169 miliar) jika melaju ke perempat final.

Tottenham Hotspur dan Liverpool sendiri mengantongi 10,41 juta Pounds (Rp193 miliar) per klub dengan mencapai semi-final. Lalu, dengan berhasil comeback yang luar biasa, kedua klub itu kantongi 13,02 juta Pounds (Rp242 miliar). Klub yang menang di final Liga Champions nanti akan kantongi lagi hadiah uang sebesar 16,49 juta Pounds (Rp306 miliar).