Asier Garitano: Barcelona Malah Lebih Kuat Tanpa Neymar

Asier Garitano tak ragu menilai raksasa Liga Spanyol, Barcelona, malah jauh lebih kuat meski tanpa sosok Neymar.
Asier Garitano tak ragu menilai raksasa Liga Spanyol, Barcelona, malah jauh lebih kuat meski tanpa sosok Neymar.

Bos Leganes, Asier Garitano, memang semakin yakin menilai bahwa Barcelona jauh lebih kuat musim ini di Liga Spanyol usai tega ditinggalkan Neymar. Meski sempat ngesot, namun mereka bisa bangkit kembali.

Masih ingat saat Neymar secara mengejutkan nekat memutuskan untuk mengakhiri empat tahun karir bolanya di klub. Ia kemudian menjelma menjadi sosok pemain termahal dunia, setelah PSG dengan santainya menebus klausul Neymar di Catalan yang mahalnya sekate-kate.

Langsung saja banyak yang memprediksi jika kepergian Neymar pasti bakal membuat Blaugrana semakin kedodoran. Terbukti bisa terjadi setelah tim kalah dari rival abadi, Real Madrid, di laga Supercopa Espana.

Advertisement
advertisement
advertisement

Pelan tapi pasti, Barcelona mulai merajai puncak klasemen La Liga. Mereka bahkan sudah unggul 10 angka dari Los Blancos setelah jalani 12 pertandingan. Barca sudah sudah menang atas kubu Leganes asuhan Garitano pekan kemarin. Asier Garitano menyadari hal ini dan buru-buru menyampaikan melalui Sport.

“Kalau dibandingkan dengan musim sebelumnya, pada saat mereka masih punya Neymar, mereka yang sekarang ini sudah banyak berubahlah.”

“Dari penggunaan formasi 4-3-3, mereka kini mulai menggunakan formasi 4-4-2 dan 4-3-2-1, namun yang terpenting sekarang, kepergian Neymar di musim panas malah lebih menguntungkan banyak pihak, Barca malah menjadi lebih solid sebagai tim dibandingkan mereka sebelumnya.”

“Mereka juga jadi jauh lebih kompak sekarang ini. Mereka selalu bisa menguasai bola saat bertanding, namun mereka juga mantap ketika harus bertahan,” pungkas Garitano.

Pengamatan Garitano memang tajam. Barca sendiri baru bermain imbang dengan skor kacamata kuda 0-0 melawan Juventus di Turin demi memastikan diri melangkah ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup kali ini.