Asisten Wasit Penolak Gol Sah Ronaldo vs Serbia Dicoret dari Tim Wasit di Euro 2020

Gila Bola – Asisten wasit yang tidak memberikan gol pada Portugal ketika tembakan Cristiano Ronaldo terbukti telah melewati garis gawang saat melawan Serbia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 harus membayar mahal dengan dia harus dibebaskan dari tugasnya.

Mario Diks, asisten wasit yang menentukan bahwa gol sah Cristiano Ronaldo ke gawang Serbia belum melewati garis gawang jadi dianggap belum ada gol yang tercipta, telah dicoret dari tim wasit Belanda pimpinan Danny Makkelie untuk Euro 2020.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Cristiano Ronaldo tampak mencetak gol kemenangan untuk timnya di menit-menit terakhir selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Portugal melawan Serbia bulan lalu, yang akhirnya berakhir imbang 2-2. Padahal tayangan ulang menunjukkan bahwa bola sudah melewati garis gawang sebelum Aleksandar Mitrovic menyapu bola menjauh dari gawang.

Superstar berusia 34 tahun itu kemudian marah-marah, keluar lapangan jelang peluit akhir dibunyikan dan membanting ban kaptennya, sementara manajer Selecao mengakui bahwa wasit pertandingan lantas mendatanginya untuk meminta maaf atas kesalahan tim wasitnya.

Wasit utama pertandingan Danny Makkelie kemudian secara terbuka meminta maaf atas kesalahan tersebut setelah pertandingan, dan sekarang telah mengeluarkan Mario Diks dari tim wasitnya menjelang Kejuaraan Eropa musim panas ini.

Kini Mario Diks mengkonfirmasi berita tersebut kepada Omrop Fryslan, sementara juga mengungkapkan kekesalannya atas keputusan akhir setelah bertahun-tahun mengabdi termasuk di final Liga Europa tahun lalu dan semifinal Piala Dunia Antarklub.

“Ini adalah kekecewaan yang sangat bagi saya karena keputusan ini begitu dekat dengan Kejuaraan Eropa,” katanya. “Pada hari Rabu, 31 Maret, saya mendengar dari Makkelie bahwa dia ingin melanjutkan dengan asisten lain, karena kepercayaan pada kolaborasi kami telah hilang. Saya benar-benar mengharapkan lebih banyak dukungan, pengertian, dan kepercayaan setelah kolaborasi yang sukses selama bertahun-tahun.”

Danny Makkelie telah mengungkapkan bahwa Jan de Vries telah direkrut untuk menggantikan posisi Mario Diks dalam tim wasitnya, tetapi tidak mengkonfirmasi apakah kesalahan asisten wasiut itu selama pertandingan Portugal vs Serbia menyebabkan pemecatannya.