Bali United Lolos! Unggul 0-2 Tertinggal 3-2 Menang 3-5 Atas Tampines!

Bali United Lolos! Unggul 0-2 Tertinggal 3-2 Menang 3-5 Atas Tampines!

Bali United lolos ke putaran berikut AFC Champions League setelah unggul 0-2 tapi kemudian tertinggal 3-2 dari Tampines Rovers, sebelum berbalik menang 3-5 atas tim Singapura itu.

Tuan rumah sempat bangkit dari ketertinggalan dua gol dalam 13 menit usai kick-off untuk mencetak tiga gol dan berbalik unggul 3-2 pada laga prakualifikasi pertama AFC Champions League hari Selasa petang di Jalan Besar Stadium, Singapura. Namun anak-anak Bali United main dengan gigih untuk menciptakan drama delapan gol, mencetak gol penyama skor 3-3 dan kemudian gol keempat guna mengubah papan skor 3-4 dan gol kemenangan 3-5 atas Tampines Rovers.

Para pemain Bali United sepertinya tertidur setelah unggul cepat dua gol hanya dalam waktu 13 menit babak pertama. Mereka membiarkan tuan rumah melepaskan sejumlah serangan berbahaya di akhir babak pertama, yang berujung gol oleh Boris Kopitovic. Dan permainan tempo cepat yang dipamerkan anak-anak Tampines pada awal paruh kedua laga di Jalan Besar Stadium ini berujung gol kedua oleh Jordan Webb. Skor 2-2. Dan pertandingan belum selesai dengan Zehrudin Mehmedovic mencetak gol ketiga yang berawal dari kesalahan kiper Wawan Hendrawan. Beruntung Mohammad Rahmat mencetak gol penyama kedudukan 3-3 yang memaksa pertandingan diperpanjang ke extra time 2×15 menit. Pada paruh pertama extra time inilah Melvin Platje mencetak gol ketiganya yang mengubah skor menjadi 3-4. Gol kemenangan terjadi sekitar tima menit sebelum babak kedua extra time berakhir oleh pemain anyar Sidik Saimima.

Bali United selaku juara Liga 1 mewakili Indonesia untuk AFC Champions League, tapi mereka harus memulai laga terlalu awal, yakni pada babak prakualifikasi pertama menghadapi wakil Singapura, Tampines Rovers. Minat penonton terlihat dari Jalan Besar Stadium yang kosong pada beberapa sisinya. Jika lolos dari laga malam ini maka Bali United akan menghadapi Melbourne Victory pada babak prakualifikasi kedua. Dan jika lolos dari jebakan tim Australia itu, Serdadu Tridatu akan bertemu tim sulit, Kashima Antlers dari Jepang pada babak play-off.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Semua pertandingan babak pendahuluan dari AFC Champions League ini dilangsungkan satu leg. Jika tetap imbang usai 90 menit maka akan dilanjutkan dengan 2×15 menit extra time dan jika masih imbang juga, adu penalti. Beruntung Bali United berhasil menang 3-5 dalam waktu 120 menit dan lolos ke babak selanjutnya!

Pertandingan babak pertama di Jalan Besar Stadium ini diawali secara mengejutkan. Bali United tampil dengan kecepatan tinggi untuk mencetak dua gol dalam waktu 13 menit. Kedua gol oleh pemain Belanda Malvin Platje terjadi karena para pemain tuan rumah terlalu lambat dalam menekan lawan dan menutup ruang. Sebaliknya tim tamu memamerkan cara bermain yang menekan tinggi di lapangan tuan rumah.

Dan gol pertama terjadi menit delapan melalui sebuah tembakan spekulatif jarak jauh oleh Melvin Platje. Tembakan yang tak disangka-sangka itu menjebol gawang Zulfairuuz Rudy.

 

View this post on Instagram

 

#MelvinPlatje 8′ #TampinesRovers 0-1 #BaliUnited

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Gol kedua tak butuh waktu lama. Hanya selang lima menit kemudian Melvin Platje menggandakan keunggulan Bali United di kandang Tampines Rovers ini. Gol ini diawali umpan cepat ke arah Platje di batas kotak penalti. Tembakan first-time darinya menjadi gol kedua Serdadu Tridatu.

 

View this post on Instagram

 

#MelvinPlatje 13′

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Namun permainan sesungguhnya baru terjadi setelah itu dengan Kopitovic mencetak gol yang menipiskan skor 2-1 pada menit 42 pertandingan. Dan seperti sudah mengetahui cara menaklukkan anak-anak Pulau Dewata, sebuah umpan terobosan manis sampai ke Jordan Webb. Pemain Kanada itu kemudian mencongkel bola ke atas kiper Wawan Hendrawan guna menyamakan skor 2-2 pada awal babak kedua. Bencana sesungguhnya terjadi menit 68 saat sebuah crossing dari sisi kiri oleh Kopitovic diterjang oleh Rahmat Syamsuddin, memantul di tangan kiper Hendrawan sebelum masuk ke dalam gawang sendiri. Skor 3-2!

Sebenarnya anak-anak Bali United berhasil menjebol gawang lawan pada menit 79, tapi entah mengapa dianggap offside oleh hakim garis. Ini merupakan keputusan yang sangat meragukan. Namun tak butuh waktu lama bagi Bali United untuk menyamakan skor 3-3 pada menit 82. Lihat gol Muhammad Rahmat di bawah ini.

 

View this post on Instagram

 

#MRachmat 81′ #TampinesRovers 3-3 #BaliUnited

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Laporan Babak Extra Time 2×15 Menit

Tak ada gol tambahan. Hasil imbang 3-3 selama 90 menit memaksa kedua tim memasuki babak extra time 2×15 menit. Dan pada menit ketiga M Rahmat hampir saja membawa keunggulan 3-4 setelah melepaskan serangan yang menghantam tiang kanan gawang Zulfairuuz Rudy. Heran juga menyaksikan tak satu pun pemain tuan rumah berusaha memberi tantangan terhadap M Rahmat. Sayang sekali masih membentur tiang gawang. Dan pada menit kedelapan extra time hampir saja gol terjadi ke gawang Tampines melalui sundulan kepala satu pemain Serdadu Tridatu. Dan satu assist ke sisi tiang jauh oleh Melvin Platje mengubah skor menjadi 3-4 untuk keunggulan Bali United setelah Stefano Lilipaly menceploskan bola dari jarak pendek.

 

View this post on Instagram

 

#StefanoLilipaly 100′ #TampinesRovers 3-4 #BaliUnited

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Tersengat oleh gol tadi sebuah serangan on target hampir saja menjebol gawang tim Pulau Dewata itu, beruntung berhasil dihentikan dengan lompatan Wawan Hendrawan. Sang kiper kembali menjadi pahlawan pada detik-detik terakhir babak pertama extra time setelah menghentikan tembakan free-kick Kyoga Nakamura ke sudut kanan gawang. Hampir saja menjadi gol penyama kedudukan.

Saat semua orang menyangka laga akan usai dengan skor 3-4, pemain anyar Sidik Saimima – yang didatangkan dari PSM Makassar bulan ini – mencetak gol kelima Bali United. Ia melepaskan tendangan langsung yang sedikit terpantulkan dan gagal dihentikan kiper Zulfairuuz Rudy. Beruntung tak ada gol lagi dan Bali United lolos ke babak prakualifikasi kedua AFC Champions League setelah menang 3-5 atas tim Singapura ini. Hasil ini akan membawa mereka tandang ke Melbourne Victory pada 21 Januari mendatang.

 

View this post on Instagram

 

#SidikSaimima 115′ FT #TampinesRovers 3-5 #BaliUnited

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Starting XI Tempines vs Bali United

Tampines Rovers : Zulfairuuz Rudy; Irwan Shah Arismail, Amirul Adli, Madhu M Mohana, Bennet Daniel Mark; Huzaifah Abd Aziz, Kyoga Nakamura, Jordan Webb, Nur Muhammad Shah, Zehrudin Mehmedovic; Boris Kopitovic. Cadangan: Muhammad Syazwan Buhari; Shannon Stephen, Muhammad Fathullah Rahmat, Safirul Sulaiman, Joel Chew, Taufik Suparno, Muhammad Syahrul Sazali.

Bali United : Wawan Hendrawan; Made Andhika, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio; Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Yabes Roni. Cadangan: Nadeo Arga Winata; Haudi Abdullah, Gvin Kwan Adsit, Hariono, Sidik Saimima, Lerby Eliandry.