Barcelona Solider Dengan Real Madrid, Juga Tersingkir Dari Copa del Rey

Athletic Bilbao vs Barcelona

Barcelona solider dengan Real Madrid, menyusul tersingkir dari Copa del Rey pada babak perempat final turnamen itu hari Jumat (7/2). Tidak ada tim besar pada babak semifinal Piala Raja.

Dua hasil mengejutkan terjadi pada Jumat dinihari. Beberapa jam lalu Los Blancos tersingkir dari Copa del Rey, kalah 3-4 dari Real Sociedad. Selang dua jam kemudian giliran Barcelona solider dengan Real Madrid, juga ikut tersingkir setelah kalah 1-0 di tangan Athletic Bilbao.

Pertandingan itu sendiri seperti kita bisa duga, berjalan kurang seimbang dengan dominasi bola berada di tangan Barca. Sebanyak 65% penguasaan si bundar berada di tangan tim tamu. Tapi nyaris sepanjang pertandingan hampir tak ada peluang berarti. Barca melepaskan tiga tembakan on target, satu serangan tepat sasaran bagi Athletic Bilbao.

Babak pertama berakhir tanpa gol. Dua peluang terbaik Blaugrana terjadi melalui pemain muda Ansu Fati. Satu tendangannya meleset tipis di sisi gawang Unai Simon dan satu tembakan tepat sasaran lainnya berhasil diblokir oleh Unai Nunez. Peluang pertama Fati itu terjadi setelah Lionel Messi menusuk ke dalam kotak pertahanan lawan untuk mengumpan kepada sang pemain muda di sisi kiri kotak penalti. Tapi tekanan lawan menyebabkan ia buru-buru melepaskan serangan dan mendesis tipis. Selang tiga menit kemudian Nelson Semedo memberi umpan ke Ansu Fati, namun masih ada Unai Nunez berdiri di antara tembakan tadi dan gawang. Skor masih 0-0.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Pada menit 10 sebenarnya para pemain tuan rumah sudah bersorak karena Inaiki Williams berhasil menyambar satu umpan dari Inigo Martinez, tapi hakim garis mengibaskan benderanya dan gol tadi dinyatakan offside.

Pertengahan babak pertama diwarnai blunder oleh kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen, yang nyaris saja berujung kebobolan. Hendak bermain cepat ia malah mengirim bola ke Garcia dan sang pemain tengah itu pada kesempatan pertama langsung menendang ke gawang Barca, beruntung masih meleset.

Setelah itu peluang emas terbaik berikutnya baru terjadi pada menit 71 setelah Sergi Roberto menggiring bola dengan cepat di sayap kanan sebelum mengumpan ke Antoine Griezmann, tapi tembakan rendahnya berhasil diblokir kiper Simon. Sedikit sabar mungkin Barca seharusnya sudah unggul satu gol.

Saat semua orang menyangka laga akan usai 0-0 dan dilanjutkan extra time atau adu penalti, Inaki WIlliams mencetak gol bagi Bilbao, menyambar umpan super panjang dari Gomez Perez. Sudah menit ketiga injury time dan Barca tak mampu mengejar skor penyama kedudukan. 1-0 untuk kemenangan Athletic Bilbao!

Babak Semi Final Copa del Rey

Tiga tim lain yang sudah memastikan lolos ke empat besar Copa del Rey adalah Granada, Mirandes dan Real Sociedad. La Real beberapa jam lalu mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-3 di Santiago Bernabeu. Granada sama berbahayanya karena berhasil menyingkirkan juara bertahan Valencia, sedangkan Mirandes menjadi dari kasta terendah setelah menang 4-2 atas Villarreal.

Drawing babak semi final Copa del Rey baru akan dilakukan hari Jumat ini untuk menentukan siapa ketemu siapa pada empat besar turnamen. Barca masih menjadi tim yang terbanyak memenangkan trofi Piala Raja Spanyol ini sebanyak 30 kali sepanjang sejarah, menyusul kemudian Athletic Bilbao pada posisi kedua (23) dan Real Madrid di ranking ketiga (19).

Starting XI Athletic Bilbao vs Barcelona

Bilbao: Unai Simon, Yeray Alvarez, Unai Nunez, Inigo Martinez, Ander Capa, Dani Garcia, San Jose, Yuri Berchiche, Raul Garcia, Iker Muniain, Inaki Williams.

Barcelona: ter Stegen, Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo, Arthur, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Antoine Griezmann, Lionel Messi, Sergi Roberto