Bek Tengah Juventus Jadi Penyebab Gol Bunuh Diri Turki Melawan Italia di Laga Pembuka Euro 2020

Gilabola.com – Turki bukan saja parkir bus, tetapi juga tidak berniat menyerang sama sekali, sesuatu yang dibayar mahal setelah bek tengah Juventus menjadi penyebab gol bunuh diri pada babak kedua laga perdana Euro 2020, Sabtu 12 Juni 2021, melawan Italia.

Hasil pertandingan pembukaan Euro 2020 Turki vs Italia pada Sabtu dinihari (12/6) usai dengan skor 0-3. Hujan gol itu dimulai dengan Merih Demiral membelokkan bola sepakan Manuel Locatelli ke gawangnya sendiri, beberapa saat setelah babak kedua dimulai. Gol itu akan sangat mematahkan hati para pemain Turki setelah mereka berhasil memaksa laga tanpa gol sepanjang babak pertama.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Gol pertama segera disusul oleh gol kedua melalui top skor Serie A dua musim silam Ciro Immobile. Gol kedua ini berasal dari congkelan Domenico Berardi dari sisi kanan yang disambar oleh Leonardo Spinazzola, tapi serangannya berhasil diblok kiper Ugurcan Cakir. Beruntung ada Immobile berdiri pada posisi yang tepat untuk menyambar bola muntah menjadi gol kedua Italia.

Channel Gilabola di Youtube

Pada 11 menit jelang akhir Lorenzo Insigne mencatatkan gol ketiga timnya. Gol ini berasal dari kesalahan kiper Cakir yang malah mengirimkan bola ke arah Berardi, yang meneruskan si bundar ke Nicolo Barella, kemudian Immobile, yang mengumpan bagi Insigne.

Ada satu adegan handball pemain Turki yang seharusnya bisa berujung penalti bagi Gli Azzurri pada menit-menit terakhir separuh pertama permainan di Stadio Olimpico Roma pada Sabtu dinihari (12/6), namun wasit Danny Makkelie menyatakan itu bukan sebuah handball. Mungkin karena melihat bola menerpa tangan sang pemain tim merah dari jarak dekat.

Sepanjang babak pertama pasukan Roberto Mancini melepaskan 14 percobaan serangan dengan tiga on target, tapi tidak ada gol. Anak-anak Senol Gunes bertahan mati-matian dan melakukan parkir bus, memasang sampai lima-enam pemain sekaligus di depan gawangnya setiap kali Azzurri melakukan serangan.

Dari pihak tim berjuluk Bulan-Bintang itu, nihil percobaan serangan dan nihil pula tembakan on target selama separuh pertama permainan. Baru setelah kebobolan gol bunuh diri bek tengah Juventus Merih Demiral tadi, mereka melakukan satu percobaan serangan pada babak kedua. Tapi situasinya sudah sangat terlambat.

Turki sebenarnya dijagokan untuk memberi kejutan di Grup A Euro 2020 ini, terutama setelah mereka berhasil menang 4-2 atas Belanda dalam kesempatan kualifikasi Piala Dunia, Maret 2021. Tapi sepertinya keputusan untuk memainkan taktik bertahan total selama babak pertama menyebabkan mereka kehabisan peluang pada separuh kedua laga.

AHABET
AHABET