Belanda Lebih Dominan Tapi Portugal Terlihat Berbahaya

Belanda Lebih Dominan Tapi Portugal Terlihat Berbahaya

Belum ada gol sepanjang paruh pertama final UEFA Nations League, Senin (10/6). Belanda lebih dominan tapi Portugal lebih berbahaya.

Sampai menjelang akhir babak pertama timnas Belanda menguasai lapangan tengah lebih sering dan menguasai bola lebih lama, tapi anehnya tak satu pun tembakan bisa mereka lepaskan ke arah gawang lawan, baik on target atau off target.

Hal ini mungkin disebabkan Oranje lebih memilih menaruh lebih banyak pemain di setengah lapangan sendiri. Selecao terlihat lebih berbahaya setiap kali bola jatuh ke pihak mereka.

Setidaknya ada dua peluang emas terjadi bagi timnas Portugal selama babak pertama. Salah satunya ketika Cristiano Ronaldo – yang mencetak tiga gol pada babak semi final melawan Swiss – menanduk bola dan menyengat telapak tangan kiper Jasper Cillessen, tapi gagal menjadi gol pada menit 31.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sekitar semenit sebelumnya dalam satu serangan balik kilat oleh Bruno Fernandes, bola panjang sampai ke arah gawang dan harus dengan susah payah ditinju oleh kiper Barcelona Cillessen agar out dan hanya berujung sepak pojok.

Kesimpulan untu babak pertama laga final UEFA Nations League di Estadio do Dragao, kandang FC Porto ini, Belanda lebih dominan. Anak-anak Ronald Koeman menerapkan tekanan tinggi atas pemain Portugal guna merebut dan mendominasi bola. Tapi mereka terlihat sangat menahan diri dan berhati-hati untuk menyerang. Virgil Van Dijk dan kawan-kawan sangat waspada terhadap cara Selecao menyerang dan terbukti sangat berbahaya.

Ada empat tembakan on target oleh tuan rumah Portugal dan nol percobaan serangan oleh Belanda. Ball possession 43% banding 57% untuk keunggulan Oranje. Tapi Ronaldo dan kawan-kawan perlu mewaspadai Belanda. Hanya dua dari 11 gol mereka di kompetisi UEFA Nations League ini yang terjadi pada babak pertama. Mereka akan mengecoh tuan rumah sebelum melepaskan serangan pada babak kedua untuk mencari gol. Mungkin satu gol saja sudah cukup.