Belanda Tertawa Paling Lebar Jika Skorsing UEFA Dijatuhkan, Sedikit Saja Ketergantungan pada Liga Inggris

Gila Bola – Tim nasional Belanda mungkin akan tertawa paling lebar jika skorsing UEFA terhadap para pemain yang terlibat dalam Liga Super Eropa akhirnya dijatuhkan pada akhir pekan ini. Itu karena tergantungan mereka yang minimalis pada Liga Inggris, di mana enam tim Premier League terlibat sebagai pendiri liga pemberontak tersebut.

Betul bahwa bek tengah Liverpool Virgil Van Dijk adalah satu dari sedikit pemain Belanda di Liga Inggris. Tapi statusnya yang tengah cedera akan membuatnya tidak banyak artinya bagi De Oranje kalau pun ia termasuk satu dari delapan pemain yang terkena skorsing.

Aleksander Ceferin, seorang pengacara asal Slovenia yang menjadi Presiden UEFA, sudah mencanangkan tekadnya untuk menjatuhkan sanksi pada 12 klub pemberontak yang mendirikan European Super League, pesaing dari Liga Champions UEFA saat ini dan pada saat yang sama akan memundurkan liga-liga elit Eropa menjadi kasta kedua karena jumlah penonton akan tersedot ke kompetisi baru tersebut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

12 klub sepak bola pendiri Liga Super Eropa itu adalah Real Madrid dan Barcelona serta Atletico Madrid di La Liga; kemudian Man United, Man City, Chelsea, Liverpool, Arsenal dan Tottenham Hotspur di Premier League; serta trio klub terbesar di Serie A: Juventus, Inter dan Milan.

Daftar delapan nama pemain Oranje yang bisa absen membela tim nasional pada Euro 2020 pada Juni 2021 nanti, serta kualifikasi Piala Dunia hingga 2022 adalah:

  • Virgil Van Dijk, Liverpool
  • Frenkie de Jong, Barcelona
  • Matthijs de Ligt, Juventus
  • Georginio Wijnaldum, Liverpool
  • Donny van de Beek, Man United
  • Steven Bergwijn, Tottenham
  • Stefan de Vrij, Inter
  • Nathan Ake, Man City

Sebagian besar pemain De Oranje merumput di Liga Belanda atau di klub-klub kecil Liga Inggris, seperti misalnya kiper Maarten Stekelenburg (Ajax) dan Marco Bizot (AZ), demikian juga Patrick van Aanholt (Crystal Palace), Daley Blind (Ajax) dan Kenny Tete (Fulham). Selain itu gelandang Davy Klaassen di Ajax, serta mantan pemain The Reds Ryan Babel di Galatasaray, Luuk de Jong di Sevilla, Memphis Depay di Lyon dan Steven Berghuis di Feyenoord.

Sejumlah pemain yang akhir-akhir ini dipanggil masuk tim nasional Belanda juga banyak yang berasal dari luar 12 tim pendiri Liga Super Eropa itu. Mereka antara lain Kevin Strootman (Genoa), Quincy Promes (Spartak Moscow), Wout Weghorst (Wolfsburg), selain Timothy Fosu-Mensah (Bayer Leverkusen).