Bintang Southampton James Ward-Prowse Senjata Mematikan Timnas Inggris

Bintang Southampton James Ward-Prowse Senjata Mematikan Timnas Inggris

Gilabola.com – Bintang Southampton, James Ward-Prowse, memang dipanggil belakangan ke Timnas Inggris pekan ini. Namun, gelandang 24 tahun itu dipastikan akan menjadi senjata mematikan skuad The Three Lions.

Gelandang Southampton, James Ward-Prowse, berhasil mencetak gol lewat tendangan jarak jauh dalam beberapa pekan terakhir di laga melawan Manchester United dan Tottenham Hotspur. Pemain inilah yang diyakini akan menjadi pemain inti dari kebangkitan performa Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate, walau ia baru kantongi satu cap bersama Timnas Inggris di laga kontra Jerman pada 2017 lalu.

Gol set-piece kini menjadi lebih penting dalam pertandingan besar dibandingkan sebelumnya. Sedikitnya 73 dari 149 gol yang tercipta di Piala Dunia Rusia tahun lalu, datang dari situasi set-piece seperti itu, demikian ungkap para ahli statistik OptaJoe. Itu hampir 49 persennya.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Di Piala Dunia Rusia pula, Inggris mencetak rekor baru dengan mengklaim sembilan dari 12 gol yang mereka bukukan tercipta dari tendangan bebas, penalti dan tendangan sudut. Ini melampaui delapan gol serupa yang sebelumnya dibukukan Portugal pada 1966. Pada semi final Piala Dunia lalu, gol awal Kieran Trippier di laga melawan Kroasia secara khusus telah mencuri banyaj perhatian.

Terinspirasi David Beckham

James Ward-Prowse sendiri menyatakan, dia banyak terinspirasi David Beckham saat mencetak gol dari posisi bola mati. Walaupun, diakuinya, dia tetap punya metode sendiri yang diyakininya tak akan bisa dijangkau kiper lawan.

Walau baru dua kali mendapat kesempatan dipanggil Timnas Inggris untuk dua laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Republik Ceko dan Montenegro, namun Ward-Prowse yang ikut membantu Southampton menjauh dari zona merah akan sama pentingnya dengan pahlawan bagi tim nasional.

Meskipun sukses dengan rencana mereka di Rusia tahun lalu, tapi Inggris belum benar-benar menemukan pemain lain sejak Beckham, yang bisa tampil konsisten saat harus lakukan tendangan bebas.

Ini Dia Teori Ward-Prowse

“Saya telah menciptakan gaya saya sendiri, teknik saya sendiri,” ujar Ward-Prowse yang terus jadi andalan Southampton belakangan ini.

“Saya selalu memantulkan bola dua kali sebelum saya mengambilnya dan menempatkan logo ke arah atas. Lalu mundur empat langkah dan sedikit acak. Lalu, tendang,” ujar Ward-Prowse menjabarkan teknik tendangan bola matinya.

”Jadi, untuk menjelaskan ilmu pengetahuan di lapangan, efek Magnus diberikan kepada bola ketika dia berputar, bersamaan dengan efek gravitasi dan berat, serta gaya hambat aerodinamik yang disebabkan oleh udara yang mengalir di sekitarnya,” tambahnya.

“Berputarnya bola akibat tendangan yang dilakukan si penendang menjadi yang paling efektif dalam mengangkat bola hingga ke atas pagar pemain, dan kemudian memastikan bola itu turun dengan cukup daya untuk sampai ke dalam gawang,” ujar Ward-Prowse.

Wah, njlimet juga ya!