Bos Inggris Tak Sesali Absennya Henderson Karena Adanya Duet Mount & Rice

Gila Bola – Manajer Inggris Gareth Southgate senang dengan opsi lini tengah skuadnya di kualifikasi Piala Dunia 2022 ini meskipun kapten Liverpool Jordan Henderson tidak tersedia karena cedera.

Kapten Liverpool Jordan Henderson diragukan tampil di Kejuaraan Eropa musim panas ini karena cedera pangkal paha dan keberadaan Mason Mount serta Declan Rice tidak membuat Gareth Southgate merasa kekurangan pilihan di lini tengah.

Gelandang Chelsea turun sebagai starter dalam kemenangan 5-0 atas San Marino di laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup I, turun bersama Kalvin Philipps dan James Ward-Prowse di lini tengah.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Tapi Mason Mount dan rekan akrabnya Declan Rice asal West Ham diharapkan bisa turun sebagai starter dalam tantangan yang lebih sulit bagi Inggris di laga tandang melawan Albania pada Minggu (28/3) malam WIB.

Kedua gelandang muda itu sebelumnya sama-sama turun sebagai starter di jangkar lini tengah dalam formasi 3-4-2-1 saat Inggris menang 4-0 di laga terakhir UEFA Nations League melawan Islandia pada November 2020 lalu.

Performa keduanya telah memberikan kesan yang bagus di mata Gareth Southgate, yang sangat mengagumi kecerdasan bermain Mason Mount sembari tak lupa juga melayangkan sanjungan kepada duo gelandang lainnya James Ward-Prowse dan Kalvin Philipps.

“Mereka (Mount & Rice) melakukannya dengan sangat baik dalam pertandingan yang kami mainkan melawan Islandia,” kata Gareth Southgate pada konferensi pers pra-pertandingannya kontra Albania. “Jelas dalam peran yang lebih dalam di lini tengah itu, Mason tidak bermain untuk klubnya di sana, tetapi saya pikir dia bisa menyesuaikan diri.”

“Dia pemain yang sangat cerdas, dia bisa bermain sebagai pemain nomor empat, nomor delapan atau nomor 10. Saya pikir dia bisa menyesuaikan diri sesuai kebutuhan. Tidak diragukan lagi keseimbangan keduanya bagus. Tapi James Ward-Prowse sama bagusnya saat melawan San Marino) beberapa hari yang lalu dan Kalvin Phillips juga dalam performa yang sangat baik.”