Callum Hudson-Odoi, Talenta Muda Paling Berharga di Eropa

Callum Hudson-Odoi, Talenta Muda Paling Berharga di Eropa

Gilabola.com – Callum Hudson-Odoi – winger muda Chelsea yang baru sembuh dari wabah coronavirus, jadi talenta muda paling berharga ke lima di Eropa.

CIES Football Observatory baru saja merilis daftar pemain termahal yang lahir pada atau setelah tahun 2000 di lima liga papan atas Eropa. Menurut lembaga riset yang bermarkas di Swiss itu, seperti dilansir Chelsea Chronicle,  faktor algoritma mereka dalam variabel penelitian, seperti usia pemain, durasi kontrak, perkembangan karir, kinerja dan beberapa hal lainnya, sangat menentukan nilai-nilai ini.

Sementara Hudson-Odoi, menjadi satu-satunya pemain Chelsea yang berada dalam daftar 50 besar, di mana ia dihargai sekitar 72 juta Euro atau setara 1,13 triliun Rupiah, dan bertengger di peringkat lima dalam daftar tersebut.

Pemain yang masih berusia 19 tahun itu juga punya peringkat tertinggi di antara talenta muda Liga Premier lainnya, termasuk wonderkid Manchester United Mason Greenwood yang ada di urutan ke delapan dengan nilai 50,6 juta Euro (800 miliar Rupiah), pemain Everton Moise Kean yang ada di peringkat sembilan dengan nilai 46 juta Euro (727,5 miliar Rupiah) dan wonderkid Manchester City, Phil Foden, yang ada di urutan nomor 10 dengan punya nilai 43,5 juta Euro atau 687 miliar Rupiah.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Di atas Callum Hudson-Odoi, ada bintang muda Borussia Dortmund yang jadi incaran the Blues, Jadon Sancho, berada di posisi teratas daftar tersebut, dengan nilai yang mencengangkan, yakni 198,5 juta Euro atau 3,13 triliun Rupiah.

Rekan satu tim Sancho, Erling Haaland, berada di peringkat kedua dengan nilai 101 juta Euro (1,59 triliun Rupiah), sedangkan dua wonderkid Real Madrid Rodrygo Goes (88,9 juta Euro/1,4 triliun Rupiah) dan Vinicius Junior (73,9 juta Euro/1,16 triliun Rupiah) masing-masing bertengger di peringkat tiga dan empat daftar itu.

Hudson-Odoi belakangan harus berjuang pulihkan kondisinya dari serangkaian cedera yang telah menghambat permainannya di musim ini. Ia bahkan hanya berhasil mencetak satu gol dan empat assists hanya dalam tujuh penampilannya sebagai starter di Liga Premier.

Menurut sejumlah laporan belakangan ini, Chelsea siap untuk penuhi tuntutan Dortmund yang inginkan 120 juta Pounds dalam transfer Jadon Sancho ke Stamford Bridge. Namun, klub asuhan Frank Lampard itu harus hadapi beberapa tim papan atas yang juga mengejar pemain muda Inggris tersebut, termasuk Manchester United.

Kembali ke Callum Hudson-Odoi, pemain muda Timnas Inggris tersebut kini berada dalam kondisi baik-baik saja, setelah dinyatakan positif terjangkit coronavirus. Ia jalani isolasi sendiri di rumahnya, dan mengabarkan kondisinya terus membaik, bahkan sudah sangat membaik, hingga menyatakan dirinya sudah sembuh dari terkaman virus mematikan yang telah menjadi wabah pandemi tersebut.