Chelsea Lolos Final FA Cup, Juga Liverpool, Beginilah Fakta-fakta Partai Puncak Kompetisi

Dua gol Chelsea dari dua pemain jebolan akademi muda the Blues membawa skuad asuhan Thomas Tuchel lolos ke final Piala FA, akan menjumpai Liverpool yang sehari sebelumnya menumbangkan Manchester City.

Gol-gol Blues ke gawang Crystal Palace pada semifinal kompetisi ini datang dari Ruben Loftus-Cheek dan Mason Mount, dua pemain produksi akademi sendiri, menghantarkan mereka ke partai puncak.

Inilah serangkaian fakta-fakta partai final FA Cup yang akan berlangsung pada 14 Mei 2021 mendatang di Stadion Wembley di London:

  • Ini merupakan final Piala FA ketiga dalam tiga musim terakhir bagi the Blues.
  • Chelsea lolos ke final 2020, sebelum dikalahkan Arsenal 2-1. Klub biru London itu juga satu kali lagi lolos ke final pada 2021, sebelum dikalahkan Leicester City 1-0.
  • The Blues sudah berhasil lolos ke final Piala FA sebanyak lima kali dalam enam tahun terakhir. Kalah dari Arsenal pada 2017 dan menang 1-0 atas Man United pada 2018.
  • Sebelum Chelsea, satu-satunya tim yang berhasil lolos tiga kali beruntun ke final FA Cup adalah Arsenal antara 2001 sampai 2003. Berujung dua kemenangan bagi the Gunners, satu kekalahan final.
  • Ini merupakan partai final keenam yang berhasil dicapai manajer Thomas Tuchel sejak mengambil alih posisi pelatih kepala the Blues pada 26 Januari 2021.┬áSebelum hari ini, Tuchel sudah mencapai final FA Cup Final 2021, final Liga Champions 2021, final Piala Super Eropa 2021, final Piala Dunia Antarklub 2022 dan final EFL Cup 2022.
  • Ini juga pertama kalinya ada dua pemain Inggris mencetak gol bagi Chelsea di Stadion Wembley sejak terakhir kalinya hal itu terjadi pada final FA Cup tahun 1970.
  • Di saat yang sama dengan kesuksesan tim sepak bola laki-laki mencapai final, tim perempuan Chelsea juga lolos ke final FA Cup Wanita, dan akan menghadapi Manchester City. Hal ini terjadi saat the Blues mengalami keguncangan finansial dan tengah dalam posisi kekosongan kepemilikan klub.
  • Ini merupakan kali pertama final kompetisi menghadirkan dua manajer asal Jerman: Thomas Tuchel dan Juergen Klopp.
  • Liverpool menyingkirkan the Blues melalui adu penalti pada final EFL Cup pada akhir Februari 2022. Jadi final kompetisi piala tertua di Inggris ini bisa menjadi kesempatan terbaik bagi Kai Havertz dan kawan-kawan untuk membalaskan dendam.
  • Terakhir kali terjadi skema semacam ini adalah tahun 2012, ketika Reds menyingkirkan Blues pada final Piala Liga dan kemudian kalah dari Chelsea pada final Piala FA. Apakah skenario yang sama akan terjadi kali ini?
PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!