Contekan Virgil Van Dijk Ini Loloskan Belanda ke Semi Final UEFA Nations League

Contekan Virgil Van Dijk Ini Loloskan Belanda ke Semi Final UEFA Nations League

Gilabola.com – Belanda berhasil lolos ke semi final UEFA Nations League berkat contekan yang diperoleh kapten Virgil Van Dijk ini pada menit-menit akhir pertandingan di Viltins-Arena, tadi malam. Lihat apa isinya.

Jelang akhir pertandingan Grup 1 Liga A, ada secarik kertas yang sampai ke tangan kapten Oranje, Virgin Van Dijk. Kertas itu berasal dari asisten pelatih Dwight Lodeweges.

Dalam jumpa pers usai laga Ronaldo Koeman mengaku tidak membacanya lagi tapi langsung menyerahkannya dengan cepat ke bek kanan Kenny Tete, yang pada gilirannya memberi notes tadi kepada Van Dijk.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

“Saya menerima surat dari (asisten pelatih) Dwight Lodeweges,” ungkap Koeman, usai pertandingan. “Tapi saya tidak tahu apa yang tertulis di situ. Sangat bagus bahwa Virgil menyamakan skor tentu saja. Seberapa sering Jerman mencetak gol pada menit terakhir dalam beberapa tahun terakhir? Sekarang tampaknya Belanda juga bisa melakukannya.”

Rahasia Contekan Virgil Van Dijk

Apa yang tertulils di catatan itu adalah asisten pelatih Dwight Lodeweges memerintahkan bek Virgil Van Dijk maju sebagai satu dari dua target man di depan, berduet dengan Luuk de Jong, meninggalkan Frenkie de Jong yang aslinya gelandang mundur mengisi lubang yang ditinggalkan Van Dijk dalam formasi 3-2-3-2.

Contekan Virgil Van Dijk Ini Loloskan Belanda ke Semi Final UEFA Nations League

Taktik itu berhasil. Van Dijk mencetak gol kedua Belanda usai menerima umpan dari sisi kanan lapangan. Ia menyambar assist kepadanya pada kesempatan pertama dengan satu tendangan voli yang merobek jala gawang Manuel Neuer. 2-2! Dan Belanda pun lolos ke empat besar UEFA Nations League.

Kegembiraan Gol Kedua Belanda

Koeman tertawa setelah menyaksikan gol kedua, ia tertawa lebar ke arah bangku cadangan di mana para pemain cadangan dan staf saling bertumpuk satu sama lain, dengan mungkin Lodeweges si otak perubahan taktik berada di dasar tumpukan itu.

Belanda dan Prancis sama-sama memiliki poin 7 pada puncak klasemen Grup 1 Liga A, tapi Oranje unggul atas Les Bleus dengan agregat 3-2 head-to-head dalam dua pertemuan mereka sebelum ini. Juara dunia 2018 itu tertinggal di penyisihan grup, Belanda lolos bersama Portugal, Inggris dan Swiss ke putaran final di tanah kelahiran Cristiano Ronaldo, bulan Juni 2019 nanti.