Copa del Rey Pertama dalam 10 Tahun Terakhir Tanpa Barcelona dan Real Madrid

Copa del Rey Pertama dalam 10 Tahun Terakhir Tanpa Barcelona dan Real Madrid

Gilabola.com – Copa del Rey musim ini tak akan diwarnai dengan permainan papan atas dua klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

Format baru ajang tahunan yang ditanamkan Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, musim ini, seakan selesai dengan hegemoni dua klub hebat dalam kompetisi sepakbola di negara tersebut.

Antara Barcelona dan Real Madrid, tujuh dari 10 gelar terakhir telah didistribusikan di antara kedua tim, yakni lima trofi dikantongi Blaugrana dan dua lainnya menjadi milik El Real.

Selain itu, setidaknya satu dari dua kedua tim tersebut selalu hadir di final, dengan catatan Barca delapan kali bertarung di final dan tiga kali untuk Los Blancos sejak musim 2010/2011.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Kini, untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, baik nama Barca maupun Madrid tak akan berada dalam drawing semifinal Copa. Barcelona tersingkir setelah kalah dari Athletic Bilbao di San Mamés, dan El Real harus say good bye setelah dikalahkan Real Sociedad di kandang sendiri.

Tim Blaugrana belum pernah tersingkir di fase semi-final, sejak Sevilla mengalahkan mereka di perempat-final ajang perebutan piala ini pada Januari 2010. Sejak edisi tersebut, Barca setidaknya selalu berada di antara empat klub yang bermain di final.

Faktanya, para pemain Barca hanya kalah satu kali dalam sembilan laga final terakhir yang mereka lakoni di turnamen ini. Pada musim 2012/13, Real Madrid menyingkirkan mereka di semifinal Copa del Rey.

Barca mengangkat trofi pada 2012 lewat kemenangan atas Athletic Bilbao, lalu di tahun 2015 juga lewat kemenangan atas Bilbao, 2016 – menang atas Sevilla, 2017 – setelah kalahkan Alaves, dan 2018 dengan kalahkan Sevilla di mana Barcelona menang telak 5-0.

Blaugrana kemudian menjadi runners-up pada tahun 2011, 2014 dan 2019. Itu menjadi dua kali pertama mereka kalah saat hadapi Madrid dan musim lalu mereka kalah lagi dari Valencia. Demikian diungkapkan Sport.

Satu Dekade Terakhir

Di sisi lain, Real Madrid, telah tersingkir dari turnamen itu secara prematur dalam satu dekade terakhir ini. Pada musim 2011/12, Madrid sudah terdepak di perempat-final saat mereka hadapi Barcelona, lalu di  musim 2014/15 El Real sudah tersingkir di babak 16 besar setelah dipermalukan rival sekotanya, Atletico Madrid.

Setahun berikutnya, Madrid tereliminasi di babak 16 besar di laga melawan Cadiz, setelah El Real turunkan pemain yang harusnya tidak dimainkan di laga ini, Cheryshev. Lalu, di dua edisi berikutnya, Madrid sudah menepi di babak perempat-final setelah dikalahkan Celta Vigo dan Leganes.

Musim lalu kotak putih mengucapkan selamat tinggal di semifinal setelah dikandaskan Barcelona. Madrid terakhir mengangkat trofi Copa del Rey pada dua kesempatan, yakni di edisi 2010/11 dan 2013/14, di mana saat itu Madrid sama-sama kalahkan Blaugrana di final.