Cristiano Ronaldo Raja Madrid, Tapi Kepergian Zidane Berdampak Lebih Besar

Cristiano Ronaldo Raja Madrid, Tapi Kepergian Zidane Berdampak Lebih Besar

Mantan gelandang Ajax dan Real Madrid, Clarence Seedorf, percaya kepergian Cristiano Ronaldo dari Santiago Bernabeu merupakan kerugian besar. Tapi, hengkangnya Zinedine Zidane punya dampak yang jauh lebih besar pada klub.

Pada musim panas 2018, dua legenda telah tinggalkan Real Madrid, satu sebagai pemain dan yang lainnya sebagai manajer.

Cristiano Ronaldo berpisah dengan Real Madrid untuk bergabung dengan raksasa Serie A, Juventus, dalam transfer sebesar 100 juta euro (1,6 triliun rupiah). Bintang asal Portugal itu membantu Los Blancos meraih empat trofi Liga Champions dan dua gelar La Liga, menjadikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa El Real.

BACA:  Striker Milan Lebih Mematikan Daripada Cristiano Ronaldo

Sementara itu, pelatih Zidane meninggalkan Los Blancos dengan 105 kemenangan dari 149 pertandingan, serta tiga trofi Liga Champions dan gelar La Liga di musim 2016/17.

Sejak itu, Real Madrid meraih serangkaian hasil buruk di bawah kepemimpinan pengganti Zidane, Julen Lopetegui, yang akhirnya dipecat. Para pemain membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk beradaptasi dengan Los Blancos yang baru, bahkan hanya menunjukkan sedikit peningkatan dramatis di bawah bos baru Santiago Solari.

Advertisement
OLE777
OLE777

Namun, klub tampaknya secara perlahan bangkit kembali dengan berhasil masuk ke babak 16 besar Liga Champions, dan selisih poin Los Merengues dengan rival abadinya, Barcelona, di klasemen La Liga perlahan-lahan berkurang.

BACA:  Gareth Bale Disarankan Pindah Ke Tottenham Hotspur

Sekarang Seedorf berbicara tentang dampak yang ditinggalkan Ronaldo dan Zidane setelah keduanya meninggalkan Bernabeu. Ia mengatakan, sementara Ronaldo memberi tim banyak kepercayaan diri, namun dampaknya tidak akan berbeda jika dia masih di klub.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Marca, mantan bintang Blancos Seedorf mengatakan, “Cristiano dianggap sebagai raja di Madrid dan dia akan beri tim banyak gol”.

“Jika Cristiano masih di tim maka Los Blancos akan lebih percaya diri, tetapi saya tidak yakin dampaknya akan sangat berbeda,” tambahnya.

BACA:  Enrique Cerezo Balas Ejekan Cristiano Ronaldo

Seedorf mengklaim, kepergian Zidane jauh lebih berdampak dibandingkan dengan kepergian Ronaldo. “Kemungkinan keluarnya Zidane memiliki dampak yang jauh lebih besar, karena cara kerja tim telah berubah. Siapapun yang menggantikannya akan perlu melakukan seseatu yang spesial untuk bisa meraih kesuksesan dengan cepat, dan mengatasi kesulitan awal yang tak terhindarkan,” ujar Seedorf.