Dari 8 Tim Drop Out Liga Champions, 5 Lulus Ujian Termasuk Barcelona, 3 Gagal

Ada 8 tim eks Liga Champions yang berlaga di babak play-off tadi malam. Lima lulus ujian play-off dan melaju ke babak 16 besar Liga Europa, tiga gagal. Termasuk di antaranya satu tim pembunuh Real Madrid.

Delapan tim Liga Champions yang turun pangkat ke Liga Europa itu berturut-turut adalah Sevilla, FC Porto, Atalanta, Leipzig, Zenit St Petersburg, Sheriff Tiraspol, Barcelona dan Borussia Dortmund. Mereka harus menjalani babak play-ff melawan delapan tim urutan kedua penyisihan grup kompetisi kedua tersebut.

Uniknya, semua tim gusuran yang main jam 1 pagi lolos semua dan mengambil jatah bertanding di 16 besar. Mereka yang main lebih awal ini adalah Sevilla, FC Porto, Atalanta dan Leipzig. Keempatnya lolos.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Sevilla kalah 0-1 di kandang Dinamo Zagreb tapi menang agregat 2-3. Sedangkan Porto ditahan imbang 2-2 di Lazio, tapi unggul agregat 3-4. Demikian juga Atalanta menang besar 0-3 tadi malam dan mencatatkan skor agregat 1-5 atas tim Yunani, Olympiakos. Tim terakhir di jam 1 pagi adalah Leipzig, menag 1-3 di kandang Real Sociedad dan lolos agregat 3-5.

Namun dari empat tim yang main jam 3 pagi pada Jumat dinihari (25/2), hanya satu yang lolos, yakni Barcelona. Tiga sisanya gagal melaju ke babak selanjutnya: Zenit, Sheriff dan BVB.

Barcelona menang 2-4 di Stadio Diego Maradona, mengakhiri perlawanan Napoli dengan skor agregat 3-5. Dramatis, karena leg pertama di Camp Nou malah usai 1-1.

Sementara itu satu-satunya tim asal Rusia yang tersisa di Eropa saat ini, Zenit St Petersburg nyaris saja berhasil memaksakan extra time di kandang Real Betis setelah mencetak gol pada menit terakhir guna menjadikan skor 0-1 dan agregat 3-3. Beruntung, gol tim Rusia itu dibatalkan wasit dan Zenit kalah 3-2 agregat. Sedikit hiburan bagi dunia Eropa menyaksikan negara penginvasi Ukraina itu gagal lolos.

Tim yang sempat jadi pembunuh Real Madrid dengan skor 1-2 di Santiago Bernabeu malah kini kempes seperti balon kehilangan angin, kalah 3-0 dari Braga tadi malam dan dengan demikian agregat 3-2, mengakhiri petualangan mereka di tahap ini. Sheriff berasal dari “negara dalam negara” Transnistria yang berkedudukan di Moldova, salah satu negara boneka Rusia.

Demikian juga Dortmund. Setelah gagal di Champions League, gagal pula di Europa League. Main imbang 2-2 tadi malam di Rangers dan kalah agregat 6-4.

BANDARTOGEL77