Declan Rice Dipanggil Timnas Inggris, Sehari Setelah Jadi Pemain Muda Terbaik Irlandia

Declan Rice Dipanggil Timnas Inggris, Sehari Setelah Jadi Pemain Muda Terbaik Irlandia

Gilabola.com – Pemain West Ham United Declan Rice dipanggil Gareth Southgate untuk perkuat Timnas Inggris di kualifikasi Euro 2020 bulan ini – sehari setelah ia menjadi Pemain Terbaik Irlandia.

Declan Rice tetap diumumkan sebagai Pemain Muda Terbaik Irlandia, walaupun ia telah resmi beralih kesetiaan dan kini membela Timnas Inggris. Pemain West Ham United berusia 20 tahun itu menjadi satu-satunya wajah baru di skuad Timnas Inggris, meskipun Gareth Southgate kini memanggil lagi pemain Burnley, Tom Heaton.

Saat teka-teki mengenai keputusannya untuk masukkan Declan Rice, Gareth Southgate sempat mengatakan, tak ada jaminan bintang West Ham United itu bakal masuk skuadnya walau penampilannya menjanjikan. “Penampilannya menjamin itu, tapi tak pernah ada jaminan yang dibuat untuknya,” tandas Southgate saat itu.

Advertisement
advertisement
advertisement

“Tidak banyak pemain seusia dia yang bermain secara teratur di Liga Premier. Yang saya suka dari skuad kami, mereka ingin menjadi yang terbaik di dunia,” ujarnya.

Joe Hart Absen, Trippier Tetap Dipanggil

Timnas Inggris akan hadapi dua pertandingan di kualifikasi Euro 2020 bulan ini, yakni melawan Timnas Republik Ceko pada Sabtu (23/3) dinihari WIB, sebelum lakoni laga di Montenegro pada Selasa (26/3).

Dalam dua pertandingan ini, Southgate tak memanggil kiper veteran Joe Hart, tapi ia tetap masukkan nama pemain Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, walau belakangan ini performanya kurang bagus.

Sementara Harry Winks dan Jesse Lingard akan absen akibat cedera, sedangkan Callum Wilson juga dipanggil walau baru saja pulih cedera.

Pickford Tetap Dipanggil Walau Buruk Akhir Pekan Lalu

Sayangnya, Southgate tinggalkan bek sayap Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka, meskipun penampilannya bagus di musim ini. Ia juga tak masukkan nama bintang Southampton, James Ward-Prowse yang tengah bersinar.

Southgate kembali memanggil Jordan Pickford setelah penampilan buruk kiper ini di laga melawan Newcastle United akhir pekan lalu. Tapi, Southgate menolak untuk mengatakan pemain mana yang tak bisa ditawar-tawar keberadaannya di Three Lions.

“Jordan telah bermain sangat bagus untuk kami. Saya pikir, Anda bisa melihat salah satu pemain di seluruh skuad, dan mengatakan mereka punya saat-saat di mana mereka bermain dengan baik dan saat-saat mereka alami kesulitan. Tidak ada pertanyaan soal penampilan Jordan pada akhir pekan lalu,” tegas Southgate.

Tetap Puji Pickford Luar Biasa

“Tetapi jika saya melihat apa yang dia lakukan untuk kami, dan ketika Anda memilih tim Anda, harus ada unsur apa yang telah mereka lakukan dengan klub mereka dan unsur apa yang mereka sedang lakukan dan telah lakukan untuk kami, juga timnya. Permainannya bersama kami sangat luar biasa,” tandasnya.

“Jadi, saya tidak pernah mau mengatakan bahwa pemain ini nomor satu. Itu saja, dan pemain ini di posisinya menjadi pilihan nomor satu kami, karena Anda selalu harus bersaing untuk mendapatkan tempat,” ujar Southgate.

“Tapi, kami senang dengan apa yang dilakukan Jordan dan kami harus membantunya melalui apa yang diharapkan berjalan dengan baik di akhir pekan. Seperti semua orang, ia harus berlatih dan punya kinerja baik,” tambahnya.

Susunan Pemain Timnas Inggris untuk Kualifikasi Euro 2020:

Kiper: Jack Butland, Tom Heaton, Jordan Pickford;

Bek: Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Michael Keane, Harry Maguire, Danny Rose, Luke Shaw, John Stones, James Tarkowski, Kieran Trippier, Kyle Walker;

Gelandang: Ross Barkley, Dele Alli, Fabian Delph, Jordan Henderson, Ruben Loftus-Cheek, Declan Rice;

Penyerang: Harry Kane, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Raheem Sterling, Callum Wilson.