Delapan Perubahan Starting XI Saat Lawan Wales Jadi Rekor Tersendiri Bagi Italia

Gilabola.com – Italia telah membuat delapan perubahan pada starting XI mereka melawan Wales di laga pamungkas fase Grup A, perubahan terbesar yang pernah dilakukan tim Azzurri di turnamen besar.

Italia menghadapi Wales di pertandingan terakhir Grup A di Stadio Olimpico pada Minggu (20/6) malam WIB, dengan manajer Roberto Mancini memilih untuk melakukan perubahan radikal pada skuadnya karena timnya sudah lolos ke babak 16 besar.

Satu-satunya pemain yang tersisa dari starting XI yang menghadapi Swiss terakhir kali adalah Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci dan Jorginho. Delapan lainnya adalah wajah baru dan ini membuat Italia mencatatkan rekor tersendiri atas nama mereka.

Advertisement

Hebatnya, tidak ada tim Italia sebelumnya yang melakukan lebih banyak perubahan dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya di Kejuaraan Eropa atau Piala Dunia melebihi delapan perubahan yang dilakukan Roberto Mancini ini.

Tentu saja ini juga sekaligus menunjukkan kedalaman skuad Italia saat ini sekaligus keseimbangan tim mereka yang terlihat tangguh dan solid di semua area lapangan, tidak ada kesenjangan menonjol antara pemain di starting XI dan di bench.

Bahkan delapan perubahan yang dilakukan Roberto Mancini pun terbukti tetap mampu membawa Italia akhirnya meraih kemenangan 1-0 atas Wales di Stadio Olimpico berkat gol tunggal kemenangan yang dicetak oleh Matteo Pessina.

Italia pun finish sebagai pemuncak klasemen grup A dengan nilai sempurna 9 poin, mencetak tujuh gol dan tanpa kebobolan sekalipun. Selanjutnya mereka akan bertemu dengan runner up grup C di babak 16 besar dengan pertandingan akan digelar di Wembley pada Minggu (27/6).

Italia XI vs Wales : Gianluigi Donnarumma; Emerson Palmieri, Leonardo Bonucci, Alessandro Bastoni, Rafael Toloi; Marco Verratti, Jorginho, Matteo Pessina; Federico Chiesa, Andrea Belotti, Federico Bernardeschi.