Deretan Rekor Mengesankan Italia Usai Bekuk Swiss Tiga Gol Tanpa Balas Tadi Malam

Gilabola.com – Sepak bola Italia telah kembali! Raksasa Eropa yang sempat secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia kini telah menunjukkan bahwa mereka siap bersaing lagi di kasta tertinggi dan memenangi trofi internasional apapun.

Di Kejuaraan Eropa musim panas ini, Italia telah membuka kampanye mereka dengan dua hasil yang luar biasa, mengalahkan Turki dengan skor 3-0 di laga pembuka Euro 2020 dan dilanjutkan dengan kemenangan 3-0 lainnya atas Swiss di laga kedua fase grup A pada Kamis (17/6) dini hari WIB.

Dalam kemenangan terbaru di Stadio Olimpico ini, gelandang Sassuolo mencetak dua gol menit ke-26 dan ke-52, sebelum Ciro Immobile melengkapi kemenangan Gli Azzurri lewat sontekan dari luar kotak penalti yang mengalahkan Yann Sommer.

Advertisement

Setelah kemenangan 3-0 melawan Turki dan Swiss ini, Italia sekarang menjadi tim kedua dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang membuka turnamen mereka dengan kemenangan beruntun dengan selisih gol 3+, setelah Belanda melakukannya pada 2008 (3-0 vs Italia, 4-1 vs Prancis).

Selain itu, pasukan Roberto Mancini sekarang telah memenangkan sepuluh pertandingan mereka secara beruntun di semua kompetisi tanpa kebobolan satu pun gol. Total sudah ada 31 gol yang mereka cetak secara berturut-turut tanpa mendapatkan satu gol pun ke gawang mereka.

Italia saat ini juga sudah hampir tiga tahun tak pernah menelan kekalahan sejak terakhir kali mereka kalah dari Portugal dengan skor 1-0 di fase grup UEFA Nations League pada 10 September 2018.

Gli Azzurri kini berada di puncak klasemen fase grup A dengan dua kemenangan, enam poin, margin gol 6-0 hanya dalam dua pertandingan. Dengan perolehan itu, mereka tak lagi bisa dikejar Swiss (1 poin) dan Turki (0 poin) yang berarti bahwa pasukan Roberto Mancini sudah dipastikan menjadi negara pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020.