Donnarumma Catat Rekor Kiper Termuda Dalam Sejarah Italia di Kejuaraan Eropa

Gilabola.com – Gianluigi Donnarumma langsung mencatatkan namanya di buku sejarah sepak bola Italia ketika dia diturunkan sebagai starter di laga pembuka Euro 2020 saat Italia menghadapi Turki di Stadio Olimpico pada Sabtu (12/6) dini hari WIB.

Seperti diprediksikan, Roberto Mancini menurunkan formasi 4-3-3 dengan line up pemain yang turun di laga terakhir ujicoba mereka mereka melawan Ceko yang berakhir dengan kemenangan 4-0 berkat gol-gol Ciro Immobile, Nicolo Barella, Lorenzo Insigne, dan Domenico Berardi.

Italia memang perlu memulai perjuangan mereka di laga pembuka fase grup A dengan baik karena dua laga mereka lainnya juga tidak akan mudah melawan Swiss yang lolos ke Euro 2020 dengan status juara grup dan Wales yang merupakan semifinalis Euro terakhir pada 2016 lalu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Gianluigi Donnarumma tentu saja turun sebagai starter saat dia kini merupakan kiper pilihan utama timnas Italia saat ini dan dia langsung mencatatkan namanya di buku rekor saat namanya disebutkan dalam starting XI Gli Azzurri kontra Turki.

Pada 22 tahun 106 hari, Gianluigi Donnarumma hari ini menjadi penjaga gawang termuda yang pernah bermain di turnamen besar (Piala Dunia & Kejuaraan Eropa) dalam sejarah sepak bola Italia.

Dia mengalahkan Giorgio Ghezzi (23 tahun, 342 hari), Gianluigi Buffon (24 tahun, 126 hari), Carlo Mattrel (25 tahun, 49 hari), dan Dino Zoff (26 tahun, 98 hari).

Memang sejak dipromosikan Sinisa Mihajlovic ke skuad utama AC Milan pada 2015 lalu, Gianluigi Donnarumma terus tumbuh sebagai penjaga gawang nomor satu Serie A dan bahkan langsung mendapatkan kesempatan debut di timnas Italia pada setahun kemudian.

Sejak itu dia kini telah mencatatkan 27 caps bersama Gli Azzurri, termasuk penampilan di UEFA Nations League dan kualifikasi Euro 2020 ini. Tapi ini adakah penampilan perdananya di kompetisi mayor (Kejuaraan Eropa & Piala Dunia) dan pensiunnya Gianluigi Buffon pasca kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018 di Rusia telah secara resmi kini mengangkatnya sebagai kiper nomor satu Italia.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO