Dua Rekor Manuel Locatelli Usai Cetak Dua Gol, Antar Italia Lolos ke Fase Gugur Euro 2020

Gilabola.com – Gelandang muda Italia Manuel Locatelli langsung mencatatkan namanya di dua buku rekor sekaligus usai mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 negaranya atas Swiss di fase grup A di Euro 2020.

Italia, yang sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018, tampil perkasa untuk menjadi negara pertama yang lolos ke fase gugur Euro 2020 usai mengalahkan Swiss dengan skor 3-0 di laga kedua fase grup A di Stadio Olimpico pada Kamis (17/6) dini hari WIB.

Manuel Locatelli menjadi pahlawan bagi kemenangan Gli Azzurri lewat golnya di masing-masing babak, dengan gol pertamanya datang di menit ke-26 usai menyambut umpan tarik Domenico Berardi yang memudahkannya untuk melakukan penyelesaian jarak pendek.

Advertisement

Gelandang berusia 23 tahun itu kemudian menggandakan golnya di menit ke-52 lewat tembakan jarak jauh yang menaklukkan Yann Sommer, usai menerima umpan dari bintang Inter Milan Nicolo Barella. Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Ciro Immobile. Berkat dua golnya itu, jagoan Sassuolo kini mencatatkan dua rekor sekaligus untuk timnas Italia.

Di usia 23 tahun 159 hari, hanya Giacomo Bulgarelli (vs Swiss tahun 1962) dan Mario Balotelli (vs Jerman tahun 2012) yang mencetak dua gol untuk Italia di turnamen besar pada usia yang lebih muda dari Manuel Locatelli malam ini.

Selain itu, Manuel Locatelli adalah pemain ketiga yang mampu mencetak dua gol untuk Italia dalam pertandingan Kejuaraan Eropa. Dua pemain yang sebelumnya bisa melakukannya adalah Pierluigi Casiraghi vs Rusia (Euro 1996) dan Mario Balotelli vs Jerman (Euro 2012).

Sementara itu, gelandang dengan 12 caps dan tiga gol untuk Italia itu sebelumnya sudah memberikan isyarat transfer setelah Kejuaraan Eropa musim panas ini di tengah minat dari Juventus dan Arsenal, mengatakan, “Saya akan memutuskan masa depan saya setelah Kejuaraan Eropa. Ada kompetisi yang sangat penting untuk dimainkan, dan saya hanya fokus pada ini. Saya mengandalkan apa yang terjadi di lapangan, hal-hal nyata, yang lainnya hanya gosip, tidak ada gunanya membicarakannya.”