Eks Kapten Italia Fabio Cannavaro Jadi Pelatih Timnas China

Eks Kapten Italia Fabio Cannavaro Jadi Pelatih Timnas China

Gilabola.com – Mantan kapten Timnas Italia, Fabio Cannavaro, ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas China menggantikan Marcello Lippi, Jumat (15/3) malam WIB.

Meski demikian, Fabio Cannavaro yang juga mantan bintang Parma, Real Madrid dan Juventus itu akan terus lanjutkan karirnya mengelola klub Liga Super China, Guangzhou Evergrande.

Pihak Timnas China juga tak sepenuhnya memecat Lippi. Pasalnya, pelatih yang berhenti saat China tersingkir di perempat final Piala Asia pada Januari lalu, itu akan bertahan di Negeri Tirai Bambu dan menjadi penasehat bagi Timnas China.

Lippi yang telah berusia 70 tahun itu rencananya akan menjadi konsultan bagi kepelatihan baru Timnas China jelang turnamen Piala Cina pekan depan.

Laga Perdana Cannavaro: Piala China

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Asosiasi sudah dengan hati-hati membuat keputusan ini, berdasarkan penelitian komprehensif dari pengalamannya serta gaya teknis dan taktis Cannavaro. Bahkan dipertimbangkan pula keakraban pelatih itu dengan pemain China, dan beberaoa faktor lain,” demikian ungkap Asosiasi Sepakbola China (CFA).

Fabio Cannavaro yang mantan bek andalan Italia dan kini telah berusia 45 tahun itu, akan awali karirnya sebagai pelatih China dalam laga melawan Thailand di Piala China pada 21 Maret mendatang.

Namun, tak jelas apakah Cannavaro akan memimpin China sebagai pelatih sementara atau tetap. Akibatnya, media China berspekulasi bahwa ajang Piala China mendatang akan menjadi tempat di mana Cannavaro ‘lakukan audisi’ untuk meraih jabatan sebagai pelatih tetap.