Fans RasenBallsport Leipzig Salahkan Polisi Usai Insiden

Gilabola.com – Fans RasenBallsport Leipzig langsung menyalahkan Polisi usai insiden mencekam beberapa waktu yang lalu.

Fans RasenBallsport Leipzig memang meradang. Seorang suporter RasenBallsport Leipzig mengatakan pihak kepolisian terlalu menganggap enteng kepada potensi insiden kekerasan di Liga Jerman.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Para suporter RasenBallsport Leipzig diserang oleh sekawanan fans Borussia Dortmund menjelang pertemuan kedua kesebelasan di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (05/02) malam WIB.

Kala itu para fans Leipzig diserang di dekat sebuah tempat minum yang lokasinya tidak jauh dari stadion, tidak lama setelah turun dari kereta api yang membawa mereka ke kota Dortmund.

Sekitar 1.000 dari total 8.000 fans Leipzig yang berangkat menggunakan kereta, diserang oleh sekawanan suporter tuan rumah, 300 meter menjelang pintu masuk ke stadion.

Insiden ini sangat disesalkan oleh fans tim tamu sebab mereka tidak hanya anak-anak muda, namun banyak diantara mereka yang sudah berusia lanjut, wanita dan anak kecil, yang dilempari botol dan batu oleh suporter tuan rumah.

“Kerumunan massa khas RB. Orang tua, wanita dan anak-anak,” ujar seorang suporter, seperti dikutip dari ESPN.

“Mereka [fans Dortmund] sangat agresif dan menyerang siapapun yang memakai warna merah dan putih [warna kebesaran Leipzig]. Mereka bahkan menyerang anak-anak kecil.”

“Pihak kepolisian klub BVB sudah pasti terlalu meremehkan potensi terjadinya kekerasan.”

https://www.youtube.com/watch?v=IZkjzon0B7M&feature=youtu.be&a

Sementara itu juru bicara Kepolisian Dortmund berkilah bahwa insiden memalukan tersebut terjadi di luar perkiraan sebelumnya.

“Kami tidak memiliki dasar hukum untuk menerima kedatangan suporter sepak bola dengan kekuatan penuh polisi,” ujar Cornelia Weigandt, juru bicara pihak kepolisian yang menjelaskan situasi di stasiun kereta.

“Kami tidak mengharapkan terjadinya bahaya dari mereka [fans Leipzig].”

Weigdandt pun mengakui satu polisi terluka karena dipukul oleh tongkat kayu, sementara satunya lagi terkena gigitan.

Sementara itu pihak Der BVB mengutuk dan akan menindak keras para oknum suporter yang terlibat dalam insiden dimana 28 orang ditahan oleh pihak berwajib itu dan juga insiden pemasangan spanduk bernada fitnah di dalam stadion menjelang sepak mula.

“Dua hari setelah insiden yang terjadi di laga melawan RB Leipzig, kami masih tidak menyangka dengan level kekerasan dan penghinaan yang terjadi,” tulis pernyataan Hans-Joachim Watzke.

“Saya ingin menyampaikan rasa simpati kepada fans RB Leipzig dan juga pihak kepolisian. Kami akan mengevaluasi segala hal yang terjadi dan sudah mengidentifikasi beberapa pelaku.”

“Saya meminta anda untuk sedikit lebih bersabar, sebab penyelidikan secara menyeluruh lebih penting dibandingkan investigasi secara cepat. Pekan depan kami akan menginformasikan semua pihak atas temuan kami dan menghukum para pelaku setegas mungkin.”