FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U17, Apa Alasannya?

Gila Bola – Indonesia mendapatkan kabar mengejutkan dari FIFA. Federasi Sepak Bola Dunia itu menunjuk Indonesia tuan rumah Piala Dunia U17.

Pengumuman ini disampaikan langsung melalui laman resmi FIFA, Jumat (23/6) malam WIB. Namun bukan Indonesia saja yang bakal jadi tuan rumah.

Selain menunjuk Indonesia tuan rumah Piala Dunia U17, FIFA dalam pernyataannya menyampaikan ada negara lain yang juga bakal jadi tuan rumah di turnamen FIFA lainnya. Kolombia dipercayakan untuk penyelenggara Piala Dunia Wanita U20 2024 mendatang. Pada tahun yang sama Republik Dominika untuk U17 wanita.

Sementara Uzbekistan mendapatkan jatah tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024. Di sisi lain, Indonesia tuan rumah Piala Dunia U17 karena federasi tertinggi sepak bola itu mencabut status Peru sebagai tuan rumah. FIFA menilai Peru belum siap soal infrastruktur sebagaimana satu syarat untuk menggelar turnamen tersebut.

Penjelasan Erick Thohir

Sementara Erick Thohir sendiri mengaku belum tahu alasan mengapa Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Namun ketua umum PSSI tersebut menilai ada beberapa faktor Indonesia mendapatkan kesempatan kedua.

Menurut Erick Thohir, hal tersebut dikarenakan ada faktir positif yang diperlihatkan oleh Indoneaia dalam sepak bola dunia dalam tiga bulan terakhir. Ia pun merinci seperti perbaikan sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA.

Kemudian Erick Thohir juga menyebutkan dua laga FIFA Matchday bulan Juni melawan Palestina dan timnas sepak bola Argentina. Menurutnya, hadirnya juara Piala Dunia 2022 Argentina dapat pantuan serius dan berhasil menyita perhatian positif membuat Indonesia tuan rumah Piala Dunia U17.

Faktor Timnas IsraelĀ 

Sedangkan keputusan FIFA menunjuk Indonesia tuan rumah Piala Dunia U17 tak lepas karena tak adanya timnas Israel. Seperti diketahui, mereka mendapatkan penolakan setelah lolos ke Piala Dunia U20.

Seprti diketahui, Indoneaia dipercayakan jadi tuan rumah. Tapi atas penolakan tersebut, status Indonesia jadi tuan rumah langsung dicabut, Dalam pernyataan resminya saat itu, FIFA memang tak bilang karena adanya penolakan Israel. Tapi menyingung suasana yang tak kondusif jelang perhelatan U20.

Sebagai gantinya, FIFA langsung menunjuk Argentina. Kini di Piala Dunia U17, timnas Israel dipastikan tidak ikut karena mereka tak lolos di ajang ini. Lima wakil Eropa di level ini adalah Inggris, Perancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol.

Kapan Dimulai

Piala Dunia U17 di Indonesia sendiri akan berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Jika tak ada perubahan, enam stadion yang sebelumnya lolos kelayakan yang awalnya dipakai untuk Piala Dunia U20 bisa dipakai kembali.

Keenam stadion tersebut di antaranya Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Karno (Jakarta), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!