Format Baru, Barcelona Masih Menepi dari Piala Dunia Antarklub

Format Baru, Barcelona Masih Menepi dari Piala Dunia Antarklub

Gilabola.com – Barcelona belum akan berlaga di Piala Dunia Antarklub setelah adanya format baru dalam turnamen tersebut.

Piala Dunia Antarklub akan digelar Fifa dalam baru pada 17 Juni hingga 4 Juli 2021. Formatnya akan sama sekali berbeda dari edisi sebelumnya.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Untuk benua Eropa, akan diwakili pemenang Liga Champions dan Liga Europa dari empat musim sebelumnya, hingga total pesertanya mencapai delapan tim. Sedangkan Amerika Selatan akan diwakili enam tim, sementara Afrika, Asia dan CONCACAF (Amerika Utara) masing-masing akan memiliki wakil tiga tim, plus satu wakil dari Oseania.

Jika tim yang sama telah dinobatkan sebagai juara lebih dari satu kali selama periode empat tahun, maka satu tempat akan diberikan kepada tim berikutnya yang diambil dari daftar peringkat Fifa di benua yang sama.

Barca Harus Menang Liga Champions Tahun Depan

Dengan demikian, akan ada format Piala Dunia Antarklub baru yang akan diikuti 24 tim yang akan dibagi dalam delapan grup dan berisi tiga tim. Nantinya, delapan pemenang di setiap grup akan melaju ke perempat final.

Barcelona yang belum menjadi juara Liga Champions sejak 2014/15 lalu, harus memenangkan Liga Champions tahun depan atau di tahun 2021 jika ingin berlaga di turnamen ini.

Di bawah format baru, dua tim asal Spanyol telah masuk kualifikasi untuk edisi pertama Piala Dunia Antarklub. Keduanya adalah Real Madrid, sebagai juara Liga Champions di tahun 2018, dan Atletico Madrid, yang memenangkan trofi Liga Europa di tahun yang sama.

Eropa Bakal Diwakili 2 Tim Inggris

Sementara Barcelona, dipastikan tak mendapat tempat saat ini. Tiket ke ajang Piala Dunia Antarklub berikutnya akan diberitakan kepada Liverpool atau Tottenham Hotspur, dan Chelsea atau Arsenal – empat finalis ajang Eropa di musim ini.

Fifa ingin juara saat ini ikut terlibat, dan ini berarti bahwa Barça masih memiliki dua musim untuk memenangkan trofi Liga Champions dan mengklaim tempat mereka di turnamen pramusim tersebut.

Adapun dua klub dari Amerika Selatan yang sudah dipastikan masuk kualifikasi untuk zona Amerika Selatan, adalah Gremio (Brasil) dan River Plate (Argentina) – dua klub pemenang Copa Libertadores.

Namun, sejauh ini Fifa belum tentukan di mana Piala Dunia Antarklub yang baru akan digelar. Sejauh ini, Jepang disebut-sebut sebagai negara favorit.