Gareth Southgate: Inggris Tunjukkan Keberanian Lawan Spanyol

Pelatih Gareth Southgate puji skuad muda Timnas Inggris yang berhasil kalahkan Spanyol, Selasa (16/10) dinihari tadi.

Gilabola.com – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, puji skuadnya karena bermain dengan berani setelah menang 3-2 atas Spanyol di UEFA Nations League, Selasa (16/10).

Gareth Southgate juga mengatakan, pengalaman kalahkan salah satu tim terbaik dunia akan sangat menguntungkan bagi para pemain The Three Lions.

Timnas Inggris memimpin 3-0 pada akhir babak pertama lewat dua gol Raheem Sterling dan satu gol Marcus Rashford. Namun, tuan rumah Spanyol memperkecil kekalahan mereka melalui gol Paco Alcacer pada menit ke-58 dan kapten Sergio Ramos di menit-menit akhir pertandingan.

“Kualitas penampilan tim luar biasa. Kami bermain dengan berani, kami gulirkan bola dengan keberanian,” ujar Gareth Southgate pada jumpa pers pasca pertandingan.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

“Saat Anda hadapi lawan sekualitas Spanyol, dan mencoba mengungguli mereka, mereka akan hancurkan Anda seperti yang mereka lakukan dalam tujuh menit terakhir. Kami menunjukkan kualitas yang luar biasa, kualitas melalui serangan balik dan kualitas dalam penyelesaian kami,” tambah Southgate.

Punya Catatan Buruk dari Tim-tim Kuat

Meskipun The Three Lions mencapai semi final Piala Dunia tahun ini, mereka punya catatan buruk melawan tim yang lebih kuat dalam pertandingan kompetitif. Sukses besar terakhir mereka adalah, menang 5-1 di kandang Jerman pada kualifikasi Piala Dunia 2001.

“Saya pikir ini jadi referensi bagus untuk pemain muda. Anda perlu kemenangan dan pengalaman positif untuk memberi Anda kepercayaan diri bagi masa depan,” tambah Southgate, yang turunkan starting XI dengan rata-rata usai termuda di abad ini.

“Kami tidak akan terus terhanyut dengan kemenangan ini. Kami tahu ada banyak hal yang harus dikerjakan. Kami kebobolan dua gol yang benar-benar buruk. Tetapi saya pikir itu akan memberi para pemain keyakinan besar,” tandasnya.

“Ini menjadi satu pertanyaan kecil yang harus kami jawab. Piala Dunia jadi pengalaman yang luar biasa bagi kami. Kami telah membuat langkah besar dan kami memiliki jadwal pertandingan yang belum pernah ada sebelumnya setelah turnamen [Piala Dunia],” tambah Southgate.

“Kami telah bermain melawan beberapa tim top dunia dan dengan kemenangan melawan Spanyol dan hasil imbang melawan Kroasia, menunjukkan kami telah membuat kemajuan,” tandasnya.