Gareth Southgate Janji Turunkan Kapten Liverpool Saat Inggris Bertemu Ceko

Gilabola.com – Gareth Southgate mengaku akan turunkan kapten Liverpool, Jordan Henderson, di matchday ke tiga Timnas Inggris yang akan bertemu Republik Ceko di Stadion Wembley, Rabu (23/6) dini hari.

Jika di pertandingan terakhir fase grup ini Inggris kalah, maka Skotlandia dan Kroasia punya peluang untuk menempati peringkat kedua grup dan bisa melaju ke babak 16 besar.

Saat ini, Inggris memang berada di posisi kedua dengan koleksi empat poin, sementara Kroasia dan Skotlandia masing-masing berada di urutan ketiga serta ke empat dengan sama-sama mengoleksi satu poin. Ceko yang akan menjadi lawan The Three Lions dini hari nanti, ada di posisi teratas klasemen Grup D dengan koleksi poin sama seperti Inggris, empat poin.

Advertisement

Jika Inggris sampai kalah 2-0 dari Ceko, maka hasil itu akan membawa skuad Gareth Southgate menutup fase grup di peringkat ketiga.

Dalam pertandingan dini hari nanti, Ben Chilwell dan Mason Mount kemungkinan tak akan bermain karena lakukan kontak dengan bintang Skotlandia, Billy Gilmour, yang positif corona. Itulah sebabnya, baik Henderson maupun bek tengah Manchester United, Harry Maguire, ‘akan terlibat’ dalam laga kontra Ceko.

“Mereka berdua (Henderson dan Maguire) bermain sangat bagus dalam latihan, dan keduanya akan terlibat besok (Rabu dini hari nanti). Ini situasi yang sedikit berbeda mengingat waktu yang sudah mereka lewatkan. Kami senang dengan kemajuan mereka,” tandas Southgate kepada Liverpool ECHO, seperti yang dilansir Empire of The Kop.

“Mereka sudah siap, tanpa berada di lapangan, mereka tunjukkan dampak besar dalam beberapa sesi latihan dan di sekitar skuad. Saya tak bisa merasa lebih bahagia dengan kelompok bermain kami dan, terutama para pemain senior, atas pengaruh serta dampak mereka di lapangan,” tambah Gareth Southgate.

“Kami alami kekecewaan besar karena beberapa pemain harus absen. Tentu saja mereka ingin turun ke lapangan dan kami berharap mereka bisa mainkan peranan besar dalam turnamen ini untuk kami,” ujarnya.

Jordan Henderson sebelumnya bermain untuk Inggris di laga persahabatan melawan Romania, hanya beberapa hari sebelum Euro 2020 dimulai. Kini, ada kabar baik dari Henderson – kapten Liverpool yang belum pernah bermain di sebuah laga kompetitif sejak Derby Merseyside di bulan Februari, bahwa ia berpeluang besar untuk bermain di matchday ketiga yang juga menjadi laga terakhir di fase grup Euro 2020 melawan Republik Ceko dini hari nanti.