Gareth Southgate Minta Klub Liga Premier Beri Kesempatan pada Pemain Inggris

Gareth Southgate Minta Klub Liga Premier Beri Kesempatan pada Pemain Inggris

Gilabola.com – Gareth Southgate memohon klub-klub Liga Premier untuk memberi kesempatan berlaga pada para pemain Inggris.

Hanya 54 pemain dari 220 starter asli Inggris di kompetisi divisi teratas pada akhir pekan lalu, yang memenuhi syarat untuk membela Timnas Inggris. Persentase mereka bahkan mencapai yang terendah, yakni sebesar 24,5 persen.

Ketua Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Martin Glenn, mengaku putus asa untuk meningkatkan angka tersebut, walau FA sudah berusaha membatasi klub untuk hanya memiliki 13 pemain asing di tim utama dari 17 pemain asing saat ini. Peraturan yang coba diterapkan Glenn ini bahkan telah ditolak klub.

Southgate Tunjukkan Komitmennya pada Pemain Muda

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, telah menunjukkan komitmennya untuk para pemain muda, dengan membawa Joe Gomez, 21 tahun, Jadon Sancho, 18 tahun, Ben Chilwell, 21 tahun, dan Harry Winks, 22 tahun, masuk ke skuad tim senior.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Tapi Gareth Southgate mengaku, ia khawatir dengan situasi pertumbuhan bakat para pemain muda di negeri sendiri yang semakin buruk di level klub. “Yang jelas, kita tidak bisa membiarkan tren seperti ini terus berlanjut begitu saja. Sampai titik mana kita mau berhenti?,” tandasnya.

“Musim lalu, rata-ratanya 33 persen, kemudian turun di bawah 29 persen, dan akhir pekan lalu mencapai di bawah 25 persen untuk semua tim (Liga Premier). Tidak ada yang bisa memberi tahu saya, jika pemain cukup bagus, mereka akan datang. Itu tidak benar. Ada banyak pemain yang cukup bagus,” tambah Gareth Southgate.

“Semua orang melihat kesuksesan tim nasional di musim panas. Kami masih menginginkan Liga Premier yang kompetitif dan fokus pada pertumbuhan para pemain dalam negeri. Itu hanya mencoba temukan bagian pengembangan yang hilang selama ini,” ujarnya.

Persentase Para Pemain Inggris di Klub-klub Liga Premier

Mengerti Kondisi Para Pelatih di Liga Premier

Namun Gareth Southgate mengatakan, dia mengerti mengapa para manajer enggan mengambil risiko dengan para pemain muda. “Ketika posisi begitu banyak manajer menjadi tidak pasti, saya bisa memahami mengapa mereka enggan mengambil risiko. Itulah mengapa penting bagi kita untuk duduk bersama dan berbicara, melalui cara kita menjembatani kesenjangan ini,” tandas Southgate.

Jadon Sancho dan pemain Arsenal, Reiss Nelson, 18 tahun, saat ini seakan ‘membakar’ di ajang Bundesliga Jerman. Pelatih Timnas Inggris itu khawatir, akan banyak pemain muda lainnya yang mengikuti jejak mereka dan pindah ke luar negeri.

“Jika pemain punya beberapa tahun pengalaman bersama tim inti, lebih mudah bagi manajer mereka untuk memilih mereka. Kami telah melihat bukti, jika cukup berani pergi ke luar negeri bisa mengarah pada peluang bermain yang tepat. Itu akan terjadi lebih banyak lagi,” ujarnya.